Anda belum login :: 23 Nov 2024 11:06 WIB
Detail
BukuPengembangan Bahan Ajar Cetak Tematik Pada Subtema Perkembangbiakan Dan Daur Hidup Hewan Kelas III Sekolah Dasar
Bibliografi
Author: REBONG, AGUSTINA KRISNI HABU ; Anindyta, Pricilla (Advisor)
Topik: Bahan Ajar Tematik; Pembelajaran Tematik; Dan Pengembangan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2016    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Agustina Krisni Habu Rebong’s Undergraduate Theses.pdf (4.45MB; 41 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-359
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Bahan ajar merupakan salah satu seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis. Dalam semua pembelajaran kebutuhan bahan ajar sangatlah penting untuk mendukung proses pembelajaran yang berlangsung. Salah satunya dalam pembelajaran tematik yang saat ini sudah diterapkan di sekolah-sekolah, menuntut tersedianya bahan ajar tematik yang dapat memenuhi kebutuhan maupun kompetensi peserta didik. Bahan ajar yang digunakan yang sudah sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa, maka akan membantu dalam proses pembelajaran berlangsung. Pemilihan bahan ajar yang dilakukan oleh pihak sekolah maupun guru haruslah tepat sesuai dengan tuntutan kurikulum dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik dan lingkungan sosial peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan Model Dick dan Carey dalam Suparman. Langkah-langkah dalam pengembangan bahan ajar cetak tematik terdiri atas 6 langkah, yaitu: 1) identifikasi kebutuhan instruksional, 2) melakukan analisis, 3) mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik, 4) menuliskan tujuan instruksional khusus, 5) mengembangkan bahan instruksional, dan 6) menyusun desain dan melaksanakan evaluasi formatif. Dalam pengembangan bahan ajar, peneliti melakukan wawancara dan juga studi dokumentasi untuk mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan dalam pengembangan. Studi dokumentasi untuk membaca dan membandingkan dari beberapa bahan ajar yang akan digunakan peneliti sebagai acuan dalam pengembangan bahan ajar. Lalu peneliti mulai mencari gambar, jenis tulisan yang sesuai dengan pengembuatan bahan ajar cetak subtema perkembangbiakan dan daur hidup hewan kelas tiga sekolah dasar. Oleh karena adanya kesenjangan bahan ajar yang diharapkan guru dan siswa terhadap tersedianya bahan ajar yang ada menjadi alasan peneliti untuk mengembangkan bahan ajar cetak tematik pada subtema perkembangbiakan dan daur hidup hewan kelas III sekolah dasar. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar yang telah peneliti lakukan melalui evaluasi formatif dengan satu-satu oleh ahli dan kelompok kecil dan validasi dari ahli materi dan ahli desain. Diperoleh bahwa bahan ajar cetak tematik yang peneliti laksanakan dapat dikatakan layak dan dapat digunakan untuk penelitian yang sejenis dengan yang peneliti lakukan. Hasil dari pengembangan bahan ajar ini berupa buku yang dapat digunakan siswa dan guru. Kesimpulannya dalam pengembangan bahan ajar cetak tematik peneliti melaksanakan enam tahapan pengembangan dan bahan ajar yang dihasilkan dapat digunakan oleh guru dan siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)