Anda belum login :: 24 Nov 2024 01:11 WIB
Detail
BukuPengaruh Metode Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Dan Bahasa Indonesia Bagi Siswa Kelas V SD Strada Slamet Riyadi I Tangerang
Bibliografi
Author: YUDHISTIRA, STEFANUS ; CLARA IKA SARI BUDHAYANTI (Advisor)
Topik: Metode Project Based Learning; Hasil Belajar
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2016    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Stefanus Yudhistira’s Undergraduate Theses.pdf (4.47MB; 42 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-358
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pembelajaran atau kegiatan belajar mengajar merupakan sebuah kegiatan yang kompleks dan menyangkut banyak hal. Metode dalam kegiatan belajar mengajar atau proses pembelajaran yang kurang tepat dapat menyebakan tidak tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Project Based Learning adalah metode belajar yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktivitas secara nyata menurut. Hasil belajar adalah sebagai terjadinya perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang dapat di amati dan di ukur bentuk pengetahuan, sikap dan keterampilan. Perubahan tersebut dapat di artikan sebagai terjadinya peningkatan dan pengembangan yang lebih baik sebelumnya yang tidak tahu menjadi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu sebuah metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Eksperimen adalah suatu cara untuk mencari hubungan sebab akibat (hubungan kausal) antara dua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti dengan mengeliminasi atau mengurangi atau menyisihkan faktor-faktor lain yang mengganggu. Penelitian ini memiliki dua variabel yang menjadi perhatian pokok, variabel pertama adalah variabel eksperimental atau variabel yang dimanipulasi dalam penelitian ini yaitu penerapan metode Project Based Learning dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika, dan variabel kedua adalah variabel kontrol dalam penelitian ini yaitu hasil belajar. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika dan bahasa Indonesia bagi siswa kelas V SD Strada Slamet Riyadi I Tangerang. Uji coba tes matematika sebanyak 64 soal yang diuji validitasnya terdapat 48 soal valid dan 16 soal tidak valid. Soal-soal matematika materi sifat-sifat bangun datar di uji validitasnya dengan menyebar soal-soal tersebut kepada siswa kelas VA dan VB Sekolah Strada Slamet Riyadi I untuk dikerjakan, setelah selesai dikerjakan lalu diujikan melalui bantuan aplikasi SPSS23. Berdasarkan uji T atau uji beda yang dilakukan untuk melihat adanya perbedaan antara hasil belajar matematika dengan menggunakan metode Project Based Learning dan di Kelas Kontrol, dengan menggunakan bantuan SPSS23 didapatkan data hasil analisis yaitu tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan metode Project Based Learning dengan di kelas Kontrol. Berdasarkan uji T atau uji beda yang dilakukan untuk melihat adanya perbedaan antara hasil belajar bahasa Indonesia dengan menggunakan metode Project Based Learning dan di Kelas Kontrol, dengan menggunakan bantuan SPSS23 didapatkan data hasil analisis yaitu tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan metode Project Based Learning dengan di kelas Kontrol Berdasarkan uji regresi yang dilakukan untuk melihat seberapa besar pengaruh yang diberikan maka didapat hasil yaitu Project Based Learning tidak berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika. Hasil koefisien determinasi di kolom R square didapat 0,040 × 100% = 4%, jadi Project Based Learning berpengaruh sebesar 4% terhadap peningkatan hasil belajar matematika. Berdasarkan uji regresi yang dilakukan untuk melihat seberapa besar pengaruh yang diberikan maka didapat hasil yaitu Project Based Learning tidak berpengaruh positif terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Hasil koefisien determinasi di kolom R square didapat 0,005 × 100% = 0,5%, jadi Project Based Learning berpengaruh sebesar 0,5% terhadap peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia. Bagi guru yang melaksanakan pembelajaran di kelas, peneliti menyarankan agar metode Project Based Learning dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam mengajar matematika dan bahasa Indonesia sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Bagi Kepala Sekolah peneliti menyarankan kepada kepala sekolah untuk dijadikan sebagai refrensi, sehingga dapat memberikan arahan kepada guru-guru dan menjadi bahan pertimbangan dalam menetapkan metode untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti yang berminat melakukan penelitian mengenai metode, peneliti menyarankan agar dapat melakukan penelitian tentang metode Project Based Learning dengan berbagai materi yang berbeda. Bagi PGSD Atma Jaya, memberikan tambahan informasi penelitian tentang pengaruh metode Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika dan bahasa Indonesia
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)