Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:07 WIB
Detail
BukuPenggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kelas 5A SDN 06 Pagi Tanjung Duren Utara
Bibliografi
Author: TARIHORAN, YENI ELISABETH ; Anugraheni, Indri (Advisor)
Topik: Media Pembelajaran; Hasil Belajar; Siswa Kelas 5A SD; Pelajran Matematika; Bangun Ruang Prisma Dan Limas (Segitiga Dan Segiempat)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2016    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Yeni Elisabeth Tarihoran's Undergraduate Theses.pdf (291.92KB; 3 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-356
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Media merupakan perantara yang dapat menghantar atau menyampaikan informasi antara orang yang satu kepada yang lain. Apa bila pesan – pesan atau informasi yang disampaikan mengandung hal – hal yang berhubungan dengan pembelajaran maka media tersebut disebut sebagai Media Pembelajaran. Media pembelajaran penting untuk dikembangkan oleh sekolah dan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar didalam kelas. Media dapat merangsang pikiran dan rasa ingin tahu siswa serta mampu membuat anak menjadi aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa juga dapat meningkat. Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Kemampuan-kemampuan tersebut mencakup aspek kognitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5A dengan menggunakan media pembelajaran bangun ruang prisma dan limas. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 29 orang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Siklus I dilakukan dengan dua kali pertemuan. Pertemuan pertama, peneliti melakukan proses pembelajaran untuk mengidentifikasi sifat – sifat bangun ruang prisma segitiga dan segiempat. Sedangkan pada pertemuan kedua peneliti melakukan pembelajaran untuk mengidentifikasi sifat – sifat bangun ruang limas segitiga dan segiempat. Untuk siklus II dilakukan satu kali pertemuan yaitu mengidentifikasi jaring – jaring bangun ruang prisma dan limas segitiga dan segiempat. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes yang telah dianalisis untuk mengetahui hasil nilai rata - rata dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian yaitu meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang khusunya bangun ruang prisma dan limas (segitiga dan segiempat). Pada siklus I nilai rata – rata yang diperoleh dari 46,38 meningkat menjadi 70,34 dan pada siklus II nilai rata – rata yang diperoleh dari 56,55 meningkat menjadi 82,41. Jadi, dapat dilihat perbandingan atau peningkatan nilai pada siklus I dan siklus II yaitu sebesar 12,07. Terdapat peningkatan hasil belajar ketika menggunakan media pembelajaran. Selain itu, siswa kelas 5A juga menjadi lebih semangat dan aktif dalam belajar ketika menggunakan media pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain meningkatkan hasil belajar juga dapat meningkatkan sikap siswa dalam belajar sehingga lebih aktif saat kegiatan belajar berlangsung. Guru juga perlu melakukan pengamatan agar mengetahui karater siswa sehingga dapat membuat media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)