Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:14 WIB
Detail
BukuPenerapan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SD Strada Bhakti Wiyata 1 Bekasi
Bibliografi
Author: ANDRIATI, LUCIA ; Stevanus, Ivan (Advisor)
Topik: Kooperatif; Team Games Tournament; Motivasi Berprestasi; Mata Pelajaran IPS
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2016    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Lucia Andriati’s Undergraduate Theses.pdf (450.43KB; 11 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-350
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran dengan sejumlah siswa sebagai anggota kelompok kecil yang tingkat kemampuannya berbeda. Di dalam kelas, pembelajaran siswa akan dijadikan dalam bentuk kelompok. Salah satu jenis Pembelajaran Kooperatif seperti Teams-Games-Tournament (TGT). Pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament merupakan pembelajaran dengan menggunakan turnamen pembelajaran. Dalam tournamen ini siswa bertanding mewakili timnya dengan anggota tim lain yang setara dalam kinerja akademik mereka. Penerapan Team Games Tournament diharapkan dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa kelas V dalam pelajaran IPS. Pelajaran IPS menurut siswa membosankan karena hanya berupa hafalan, sehingga kurangnya motivasi siswa untuk berprestasi. Motivasi berprestasi merupakan dorongan dari dalam diri invidu untuk mencapai suatu kesuksesan dimana hasil yang akan tercapai semuanya tergantung dari individu tersebut. Peningkatan motivasi berprestasi untuk pelajaran IPS karena pelajaran IPS IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Siswa sangat penting mengetahui peristiwa atau sejarah bangsa Indonesia terutama sejarah menjelang Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament untuk meningkatkan motivasi berprestasi mata pelajaran IPS pada siswa kelas V SD Strada Bhakti Wiyata I Bekasi dan juga mengetahui peningkatan motivasi berprestasi mata pelajaran IPS pada siswa kelas V SD Strada Bhakti Wiyata I. Subjek penelitian adalah siswa kelas V, yang berjumlah 37 siswa dan guru mata pelajaran IPS serta peneliti sendiri yang terlibat dalam proses pembelajaran selama dua kali melaksanakan siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Team Games Tournament dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Strada Bhakti Wiyata I Bekasi. Hal tersebut terlihat dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa persentase motivasi berprestasi siswa setelah mengalami siklus dapat meningkat. Penerapan Team Games Tournamen mampu membuat siswa aktif dalam kegiatan belajar, saling bekerjasama dalam kelompok, bertanggung jawab, dan termotivasi untuk berprestasi. Meningkatnya motivasi berprestasi siswa dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa perbandingan antara motivasi berprestasi siswa sebelum mengalami siklus dan sesudah mengalami siklus pembelajaran dengan menggunakan penerapan Team Games Tournament pada motivasi berprestasi sebelum siklus hasil presentase yang diperoleh adalah 78% dengan frekuensi 29 dan sesudah siklus meningkat menjadi 85% dengan frekuensi 31. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa motivasi berprestasi siswa mengalami peningkatan saat sudah dilaksanakannya siklus.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)