Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:58 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penerapan Metode Preview, Question, Read, Summerize, Test (PQRST) untuk Meningkatkan Kcmampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Strada Dipamarga
Bibliografi
Author:
Melani
;
Kurnia, Ingridwati
(Advisor)
Topik:
Rmetode PQRST
;
Kemampuan Membaca Pemahaman
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2016
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Melani_2012-035-065_a.pdf
(15.2MB;
1 download
)
Melani_2012-035-065_b.pdf
(15.79MB;
0 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIP-PGSD-349
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Metode PQRST adalah metode membaca yang digunakan untuk memudahkan seseorang memahami isi dari bacaan, serta untuk memudahkan dalam mengingat kembali isi dari bacaan, melalui lima tahap membaca yaitu, preview, question, read, summarize, dan test. Kemampuan membaca pemahamaan adalah kemampuan seseorang dalam memahami dan memaknai isi dari suatu bacaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode PQRST untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Strada Dipamarga. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Strada Dipamarga yang berjumlah 35 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, tes, dan non tes. Hasil dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Siklus I kegiatan pembelajaran dan penerapan metode PQRST dilakukan secara individual. Siswa melakukan tahapan preview, question, read, summarize, test berdasarkan arahan dari guru. Pada siklus II metode PQRST dilakukan sama seperti siklus I, hanya pada siklus II diberikan pembahasan bersama untuk memperkuat pemahaman siswa. Tahap preview siswa mengemukakan tanggapan awal cerita, tahapan question siswa menentukan pertanyaan berdasarkan 5W1H, tahapan read setelah siswa membaca dilakukan untuk menentukan unsur cerita, tahap summarize siswa meringkas isi cerita berdasarkan ide-ide pokok, tahap test siswa menjawab pertanyaan yang telah disediakan. Dari penelitian yang telah dilaksanakan pada kedua siklus dengan materi mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, watak, latar, tema, amanat) didapatkan data, Rata-rata yang didapatkan pada siklus I dalam aspek membuat pertanyaan adalah 59,02, sedangkan rata-rata yang didapatkan pada aspek meringkas cerita siklus I ialah 59,00. Rata-rata yag didapatkan pada aspek membuat pertanyaan pada siklus II ialah 69,47, sedangkan rata-rata yamg didapatkan pada aspek meringkas cerita siklus II adalah 74,25. Siklus I pada tes siswa mendapatkan nilai rata-rata 57,00 pada siklus II pada tes siswa mendapatkan nilai rata-rata 71,57. Siklus kedua mencapai rata-rata KKM yang telah ditentukan yaitu, 70. Kenaikan yang terjadi dari siklus I menuju siklus II ialah sebesar 14,57. Serta keaktifan siswa dalam pembelajaran meningkat pada saat terjadinya pembahasan bersama pada siklus II. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan kemapuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Strada Dipamarga. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan, guru diharapkan dapat menerapkan metode PQRST dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)