Untuk usaha yang bergerak di bidang Hospitality, pelayanan yang berasal dari manpower ialah produk yang patut ditonjolkan terlepas dari produk berupa barang yang disediakan. Untuk itu, penting bagi perusahaan untuk memastikan sumber daya manusia (staf) memberikan pelayanan yang maksimal. Namun, sebelum staf dapat memberikan pelayanan sesuai dengan yang diharapkan, terlebih dahulu perusahaan patut memberikan perlakuan yang baik kepada staf, agar kemudian perlakuan baik yang diterima dapat diteruskan kepada tamu dalam bentuk pelayanan yang baik. Perlakuan yang baik kepada staf dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya ialah dengan memotivasi staf, baik secara langsung maupun tidak langsung. Motivasi secara langsung, yang umumnya berupa motivasi finansial memang pasti diberikan oleh perusahaan kepada stafnya. Namun, motivasi secara tidak langsung juga dibutuhkan. Bentuk motivasi tidak langsung dapat berupa fasilitas, pelatihan dan aktivitas diluar pekerjaan. Subyek penelitian ini adalah sebuah hotel berbintang dikawasan segitiga emas Jakarta, yaitu Hotel Raffles Jakarta. Hotel ini merupakan salah satu hotel yang memberikan berbagai bentuk motivasi tidak langsung kepada stafnya. Salah satu bentuk motivasi tidak langsung yang selalu disediakan adalah colleagues activities. Yakni program acara yang diadakan khusus untuk staf dari Hotel Raffles Jakarta. Melalui pengadaan colleagues activities ini, pihak manajemen mengharapkan staf dapat merasa diperhatikan dan dikenal. Dengan melihat kebutuhan akan afiliasi (affiliation) dan pencapaian (achievement), penelitian ini ingin mengetahui seberapa jauh colleagues activities ini memenuhi kebutuhan staf akan afiliasi dan pencapaian. Terlebih lagi, penelitian ini juga ingin mengetahui sense of belonging yang dimiliki oleh staf hotel, dengan melihat dari kelima dimensi yang dimiliki Organizational Citizenship Behaviour. Serta melihat peran dari colleagus activities bagi sense of belonging staf. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumen pedukung lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan dari colleagues activities untuk membuat karyawan merasa diperhatikan (melalui kesempatan sosialisasi) dan dikenal (melalui kesempatan berprestasi), memang tercapai. Namun peran dari colleagues activities tidak begitu besar bagi sense of belonging yang dimiliki staf. |