Anda belum login :: 23 Nov 2024 19:07 WIB
Detail
BukuPenggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V B Pada Mata Pelajaran Matematika Di SDN Palmerah 23 Pagi
Bibliografi
Author: Pramudita, Wahyu (Advisor); Suhandi, Andi
Topik: Media Pembelajaran dan Hasil Belajar.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2016    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Andi Suhandi’s Undergraduate Theses.pdf (6.01MB; 17 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-347
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Media pembelajaran adalah media kertas lipat yang digunakan untuk dapat menyampaikan informasi kepada siswa melalui proses pembelajaran agar dapat merangsang pikiran, perhatian, perasaan dan kemauan siswa untuk belajar. Penggunaan media pembelajaran akan sangat membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Salah satu penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran matematika adalah dengan menggunakan papan simetri lipat dan papan simetri putar, serta papan roda putar. Penggunaan media pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menentukan simetri lipat dan simetri putar. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang terjadi pada diri siswa, setelah pembelajaran dalam bentuk perubahan pengetahuan, yang diukur menggunakan tes mengenai simetri lipat dan simetri putar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V B pada mata pelajaran matematika SDN Palmerah 23 Pagi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V B yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan serta guru kelas V B sebagai observer, dengan waktu penelitian dimulai dari Desember 2015 – Juni 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa teknik analis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Data analisis kualitatif dapat diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada proses pembelajaran. Setelah menganalisis data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi, peneliti mendeskripsikan data dari hasil observasi, dimana peneliti mendeskripsikan data dari hasil observasi yang dilakukan pada siklus satu dan dua, untuk melihat penerapan penggunaan media pembelajaran, sedangkan data analisis kuantitatif diperoleh peneliti dari hasil penghitungan pos tes pada setiap siklus. Hasil tes tersebut disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Penelitian dibagi menjadi dua siklus penelitian tindakan. Siklus pertama dan siklus kedua terdiri dari satu pertemuan. Pada siklus pertama dan siklus kedua materi yang diajarkan sama yaitu, menentukan simetri lipat dan simetri putar yang membedakan hanya di medianya saja. Pada siklus satu menggunakan papan simetri lipat dan simetri putar sedangkan pada siklus dua media yang digunakan papan roda putar dengan penggabungan dari simetri lipat dan simetri putar. Pada siklus kedua lebih memantapkan siswanya mengenai simetri lipat dan simetri putar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa terlihat dari hasil rata-rata postes siklus I sebesar 66,66 meningkat menjadi 77,04 pada postes siklus II. Pada postes siklus I terdapat 10 siswa yang mencapai nilai KKM dan 11 siswa yang tidak mencapai nilai dari KKM, sedangkan pada siklus II terdapat 19 siswa yang mencapai nilai KKM dan terdapat 3 siswa yang tidak mencapai nilai dari KKM. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru untuk memanfaatkan dan menggunakan media pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan meningkatkan hasil pembelajaran yang ingin dicapai.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)