Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dikelas. Ada enam komponen yang perlu diketahui berkaitan dengan unsur-unsur dalam pembuatan bahan ajar yaitu petunjuk pembelajaran, kompetensi yang akan dicapai, informasi pendukung, latihan-latihan, petunjuk kerja atau lembar lembar kerja, dan evaluasi. Bahan ajar memiliki fungsi sebagai bahan yang digunakan dalam proses pembelajaran dan sebagai salah satu strategi pembelajaran. Salah satu strategi bahan ajar dalam proses belajar mengajar yaitu penggunaan bahan ajar yang memiliki salah satu model pembelajaran yaitu model temuan terbimbing. Model temuan terbimbing adalah suatu model mengajar dimana guru memberikan peserta didik contoh-contoh topik spesifik dan memandu peserta didik untuk memahami topik tersebut. Fase-fase yang dimiliki oleh model temuan terbimbing yaitu fase pendahuluan, fase berujung-terbuka, fase konvergen, dan fase penutup dan penerapan. Penerapan pengembangan bahan ajar berdasarkan temuan terbimbing disajikan dengan materi sifat bangun ruang berupa bidang sisi, rusuk, titik sudut, titik puncak, dan lain sebagainya. Dengan proses pembelajaran matematika yang menyenangkan dan menemukan konsep dari materi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui cara mengembangkan bahan ajar berdasarkan model temuan terbimbing pada materi sifat bangun ruang untuk kelas V SD. Objek penelitian adalah bahan ajar berdasarkan model temuan terbimbing pada materi sifat bangun ruang untuk kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tidak langsung dan wawancara tidak langsung. Berdasarkan analisis data yang dihasil dari respon ahli pengguna guru maupun peserta didik dengan diskriptif persentase diperoleh 81,41% dengan aspek yang dinilai adalah aspek isi, aspek kebahasan, aspek penyajian, dan aspek kegrafisan. Sehingga untuk respon pengguna guru termasuk dalam kategori baik dengan keterangan revisi seperlunya. Sedangkan pengguna peserta didik diperoleh 84,125% dengan aspek yang dinilai yaitu aspek kebebasan dan aspek kegrafikan. Sehingga untuk respon pada peserta didik termasuk dalam kategori baik dengan keterangan direvisi seperlunya. Adapun saran umum bagi guru yaitu disarankan untuk mengembangkan bahan ajar sesuai dengan karakteristik peserta didik sehingga pembelajaran yang dilakukan bermakna dan memberikan pembelajaran yang menyenangkan. Bagi sekolah disarankan untuk mengembangkan bahan ajar dengan mengunakan model-model pembelajaran lain untuk meningkatkan kreativitas guru untuk menciptakan produk pembelajaran yang menarik bagi peserta didik. Bagi peneliti lain disarankan untuk mengembang ajar berdasarkan model-model pembelajaran lain yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Bagi PGSD disarankan untuk menjadi pusat pengembangan bahan ajar dengan model-model pembelajaran khususnya pengembangan temuan terbimbing lebih baik lagi. |