Pengembangan adalah kegiatan meningkatkan tungsi, manfaat, proses dan aplikasi ilmu pengetahuan. Tujuan dari pelaksanaan pengembangan tentu untuk meningkatkan kualitas menjadi lebih baik lagi. Buku ajar adalah buku yang berisi materi penjelasan dari kompetensi yang ingin dicapai, dalam proses belajar antar guru dengan siswa. Manfaat buku ajar adalah sebagai pegangan guru saat mengajar, alat bantu untuk siswa mengulang kembali pelajaran dan bahan evaluasi. SubTema merupakan salah satu bagian dari kurilum tematik. Kurikulum tematik merupakan hasil dari pengembangan kurikulum oleh pemerintah. Tematik adalah model pembelajaran terpadu menggunakan tema untuk mengkaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Perkembangbiakan tumbuhan adalah salah satu bagian dari materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang diintegrasikan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Perkembangbiakan tumbuhan merupakan salah satu ciri kehidupan tumbuhan untuk mempertahankan jenisnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RND (Research and Development) atau disebut dengan penelitian dan pengembangan yang dirancang oleh Dick dan Carey, serta dimodifikasi oleh peneliti. Pengembangan dilakukan dengan melalui enam tahap, yakni identifikasi tujuan instruksional uroum, analisis instruksional, menulis tujuan instruksional khsusus, memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, dan merancang dan melaksanakan evaluasi formatif. Pengembangan menggunakan subtema perkembangbiakan tumbuhan, dan mengkaitkan lima mata pelajaran lain (Matematika, SBdP PJOK, PKN dan Bahasa). Pengambilan data dilakukan pada enam sekolah untuk data awal, dan satu sekolah untuk pelaksanaan uji coba kelayakan produk buku ajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan melalui tiga tahap evaluasi formatif yaitu tahap uji coba ahli, uji coba siswa individu, dan uji coba kelompok kecil. Hasil data wawancara dari setiap tahap dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan pengembangan memang dibutuhkan dan dibuat berdasarkan kebutuhan yang sudah diidentifikasi, didapatkan model prosedural yang dimodifikasi dari model pengembangan Dick dan Carey, produk yang dihasilkan yaitu buku ajar dinyatakan valid karena sudah melalui tahap uji coba dan dinyatakan berkualitas karena peneliti sangat terbuka dengan pendapat dari berbagai pihak. Peneliti juga menyarankan guru dapat menggunakan produk pengembangan buku ajar "Tumbuh Senang Bersama Alam: Subtema Perkembangbiakan Tumbuhan" dalam proses pembelajaran, selain itu guru perlu melakukan penelitian dan pengembangan terutama pada buku ajar, guru dapat menggunakan model prosedural yang didapatkan dalam pengembangan ini, dan sekolah disarankan mendukung guru-guru yang ingin melakukan penelitian dan pengembangan. |