Buku penghubung merupakan media komunikasi antara orang tua dan guru untuk menjalin kerja sama dalam memantau kegiatan belajar siswa selama di rumah maupun di sekolah. Media komunikasi merupakan suatu alat yang dapat membantu menyampaikan sebuah pesan atau informasi dari pengirim kepada penerima pesan atau informasi. Alat yang memudahkan penerima memahami pesan yang disampaikan oleh pengirim pesan. Peran orang tua dan guru adalah bertanggung jawab dalam pendidikan anak dan peserta didik. Peran orang tua dan guru saling berkaitan oleh karena itu perlu adanya kerjasama antara orang tua dan guru. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan buku penghubung sebagai media komunikasi orang tua dan guru di SDN Palmerah 15 pagi. Jenis penelitian adalah Survey deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, lembar tanggapan, FGD (Focus Group Discussion) dan dokumentasi. Hasil observasi, FGD dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif dan untuk lembar tanggapan diolah menggunakan tabel dan grafik. Adapun hasil penelitian yang diperoleh mengenai penggunaan buku penghubung oleh orang tua dan guru meliputi aspek pengertian, tujuan/fungsi/manfaat, format/isi, penggunaan dan tindak lanjut sebagai berikut: 1. Pengertian buku penghubung dari lembar tanggapan diperoleh hasil bahwa orang tua dan guru memahami pengertian buku penghubung sedangkan saat pengambilan data FGD diperoleh hasil bahwa orang tua maupun guru kurang memahami pengertian buku penghubung. orang tua maupun guru menganggap buku penghubung merupakan buku agenda. 2. Tujuan/fungsi/manfaat buku penghubung diperoleh hasil yang menyatakan bahwa orang tua dan guru memahami tujuan dari penggunaan buku penghubung sedangkan hasil FGD menyatakan bahwa beberapa orang tua dan guru masih keliru dalam menanggapi tujuan dari penggunaan buku penghubung. 3. Format/isi buku penghubung diperoleh hasil dari lembar tanggapan menyatakan bahwa orang tua dan guru mengetahui dengan jelas mengenai format penggunaan buku penghubung sedangkan hasil FGD menyatakan bahwa ada beberapa orang tua maupun guru tidak mengetahui dengan jelas format buku pnghubung. 4. Penggunaan buku penghubung hasil dari lembar tanggapan hasil bahwa penggunaan buku penghubung masih berjalan efektif sedangkan hasil FGD diperoleh bahwa di kelas kecil buku penghubung berjalan efektif sedangkan kelas besar sudah tidak menggunakan buku penghubung. 5. Tindak lanjut buku penghubung hasil dari lembar tanggapan menyatakan bahwa orang tua dan guru melakukan tindak lanjut dengan bekerjasama sedangkan hasil FGD menyatakan bahwa yang melakukan tindak lanjut oleh guru dengan cara memanggil orang tua ke sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku penghubung masih efektif sebagai media komunikasi pendidikan antara orang tua dan guru. Dengan demikian disarankan sekolah menginformasikan pentingnya kerjasama antara orang tua dan guru melalui buku penghubung. |