Model pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) adalah model pembelajaran yang memfokuskan proses pembelajaran berdasarkan gaya belajar siswa dengan tahapan persiapan, penyampaian, pelatihan, dan penampilan hasil salah satunya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Ilmu Pengetahuan Alam adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang alam dan segala isinya melalui proses dan sikap ilmiah khususnya mengenai pesawat sederhana, yaitu alat bantu sederhana yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Dari penerapan model pembelajaran SAVI dalam mata pelajaran IPA tersebut diperoleh hasil belajar yaitu kemampuan yang dimiliki oleh siswa baik dari segi pengetahuan, sikap, maupun keterampilan yang diperoleh dengan menggunakan penilaian autentik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas VB SD Negeri II Duren Jaya Bekasi. Subjek penelitian adalah guru kelas sebagai observer, peneliti sebagai guru, siswa kelas VB SD Negeri II Duren Jaya Bekasi yang berjumlah 44 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, inventori, tes dan non tes kemudian hasilnya dianalisis secara deskriptif.Berdasarkan pengumpulan dan analisis data, diperoleh hasil penerapan model pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) sebagai berikut; Penerapan model pembelajaran SAVI dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus pertama menggunakan materi tuas dan bidang miring dalam pesawat sederhana. Pada siklus II menggunakan materi katrol dan roda berporos dalam pesawat sederhana. Kegiatan somatis dilakukan dengan membuat dan menunjukan gerakan sesuai dengan prinsip kerja pesawat sederhana yang dilakukan oleh siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik. Kegiatan visual dilakukan dengan membaca wacana materi dan mengamati video pembelajaran terkait pesawat sederhana yang dilakukan oleh siswa yang memiliki gaya belajar visual. Kegiatan audio dilakukan dengan membuat dan menyanyikan lagu terkait materi pesawat sederhana yang dilakukan oleh siswa yang memiliki gaya belajar auditori. Hasil belajar yang diperoleh siswa menunjukan peningkatan dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Rata-rata postes mengalami peningkatan sebanyak 14,75 poin (65,7 80,4). Rata –rata penilaian afektif mengalami peningkatan sebanyak 5,37 poin (78,283,6). Rata-rata penilaian psikomotorik mengalami peningkatan 7,69 poin (76,884,5). Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar. Disarankan adanya peran sekolah dalam memberi kesempatan bagi guru untuk menerapkan pembelajaran sesuai dengan gaya belajar siswa sehingga dapat memaksimalkan cara belajar masing-masing siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam ranah kognitif, afektif, psikomotorik. |