Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:09 WIB
Detail
BukuUpaya Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Pembuatan dan Penggunaan Media Visual Yang Diproyeksikan ada Guru Kelas V SD Strada Bina Mulia 1 Jakarta Barat
Bibliografi
Author: KEWA, YOSEFINE ; Agustian, Murniati (Advisor)
Topik: Keterampilan Guru; Penggunaan Media Visual
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2016    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-332
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Keterampilan guru dalam mengembangkan pengetahuan guru didapatkan melalui trainning atau pelatihan dan pengalaman dengan melaksanakan beberapa tugas yang terkait. Keterampilan dapat menunjukkan pada aksi khusus yang ditampilkan atau pada sifat dimana keterampilan itu dilaksanakan. Banyak kegiatan dianggap sebagai suatu keterampilan, terdiri dari beberapa keterampilan dan derajat penguasaan yang dicapai oleh seseorang menggambarkan tingkat keterampilannya. Keterampilan harus dimiliki seorang guru dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya adalah keterampilan membuat dan menggunakan media yang tepat. Salah satu media yang tepat digunakan adalah media visual yang diproyeksikan. Keterampilan membuat dan menggunakan media masuk kedalam keterampilan pedagogik yang harus dimiliki oleh seorang guru. Media visual adalah semua alat peraga yang penyampaian pesan atau informasinya secara teknik dan kreatif yang mana menampilkan gambar, grafik serta tata dan letaknya jelas,sehingga peneria pesan dan gagasan dapat diterima sasaran. Penggunaan media visual dapat membantu guru dalam menyampaikan materi yang sulit untuk dijelaskan dengan kata – kata, biasanya dapat ditampilkan atau disajikan dengan menggunakan gambar atau video. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan. Penelitian tindakan memiliki 4 tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan serta refleksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembuatan dan penggunaan media visual yang diiproyeksikan. Subyek penelitian adalah guru kelas V yang terdiri dari 3 paralel yaitu V A, V B, V C. Terdiri dari 2 orang perempuan dan 1 orang laki – laki. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama dan siklus kedua dilaksanakan dalam masing – masing 2 kali pertemuan. Siklus 1 guru membuat Ms. Powerpoint berdasarkan conoh media yang diberikan dan menggunakan media contoh tersebut dalam pembelajaran. Pada siklus 2 guru membuat kembali media visual yang diproyeksikan dengan aplikasi Ms. Powerpoint berdasarkan langkah – langkah pada panduan yang diberikan oleh peneliti kemudian media tersebut digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam pembuatan dan penggunaan media visual yang diproyeksikan meningkat. Hal ini terlihat adanya peningkatan hasil pembuatan dan penggunaan media visual yang diproyeksikan yakni Ms. Powerpoint dari siklus 1 ke siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan guru dapat lebih kreatif dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran saat kegiatan belajar mengajar sebab dengan menggunakan media, terutama media visual yang diproyeksikan sehi nggaguru dapat lebih mudah menyampaikan materi tanpa harus banyak mengeluarkan banyak energi untuk menjelaskan materi pembelajaran, terlebih kalau materi yang dipelajari sangat banyak. Penggunaan media visual juga diharapkan dapat meningkatkan kemauan dan motivasi siswa untuk belajar dan mencari tahu informasi yang belum diktehahui.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.125 second(s)