Anda belum login :: 23 Nov 2024 06:23 WIB
Detail
BukuUpaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Karet Kuningan 01 Pagi Jakarta Selatan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning
Bibliografi
Author: A, NELAWATI SISCA AYUDYA ; Anindyta, Pricilla (Advisor)
Topik: Motivasi Belajar; IPA; Model Pembelajaran Project Based Learning; Siswa kelas IV SD
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2016    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Bernadeta Tri Kurniawati’s Undergraduate Theses.pdf (20.89MB; 83 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-330
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Motivasi adalah dorongan yang bersumber dari dalam maupun dari luar diri individu untuk melakukan suatu kegiatan sehingga tercapai suatu tujuan. Motivasi terdiri dari dua jenis yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik adalah motivasi yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri sedangkan motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang berasal dari luar diri siswa dan merupakan motivasi yang dipengaruhi oleh faktor dari lingkungan sekitar. Motivasi dalam belajar sangatlah penting oleh karena itu guru harus benar-benar memperhatikan dengan baik motivasi siswa. Motivasi siswa dalam belajar yang kurang dapat mengganggu prestasi siswa. Pemilihan model pembelajaran pada suatu kegiatan pembelajaran harus diperhatikan oleh guru sehingga siswa dapat termotivasi dalam belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat menigkatkan motivasi belajar siswa adalah model pembelajaran project based learning. Model pembelajaran project based learning adalah suatu model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk menemukan masalah yang terdapat pada lingkungan sekitar yang berhubungan dengan materi yang dipelajari, merencanakan pembuatan proyek, menyusun jadwal pembuatan proyek, membuat proyek sampai dengan uji coba proyek dan melakukan evaluasi dari pengalaman yang dialami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Karet Kuningan 01 Pagi Jakarta Selatan melalui penerapan model pembelajaran project based learning.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 33 orang dan guru kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket dan observasi, data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil analisis data diperoleh data hasil penelitian sebagai berikut : 1. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari peningkatan yang terjadi pada indikator-indikator dari aspek-aspek motivasi intrinsik dan ekstrinsik. 2. Pada indikator motivasi ekstrinsik yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah indikator lingkungan sekolah dan metode yang digunakan. 3. Pada indikator motivasi intrinsik yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah indikator usaha. 4. Siswa lebih termotivasi untuk belajar IPA setelah penerapan model pembelajaran project based learning Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran project based learning dalam kegiatan pembelajaran IPA sehingga siswa lebih termotivasi dan terlibat aktif dalam kegiatan belajar. Sekolah juga diharapkan dapat memberikan pelatihan tentang perencanaan kegiatan pembelajaran yang berbasis model pembelajaran project based learning.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)