Anda belum login :: 27 Nov 2024 07:14 WIB
Detail
BukuPenerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas III SDN Karet Kuningan 01 Pagi
Bibliografi
Author: RUSMAIDA ; INGRIDWATI KURNIA (Advisor)
Topik: Metode Eksperimen; Hasil Belajar; Mata Pelajaran IPA
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2016    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-327
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Metode eksperimen adalah salah satu metode mengajar, siswa melakukan percobaan dengan mengalami sendiri sesuatu yang dipelajari yaitu dengan mengamati, mencari kebenaran dengan cara melakukan percobaan dan menarik kesimpulan dari apa yang telah dialaminya. Hasil belajar adalah hasil yang dicapai oleh siswa dalam usaha menguasai pelajaran di sekolah. Siswa dapat memperoleh hasil belajar yang baik jika ia dapat menerima pelajaran yang disampaikan guru dengan baik. Oleh karena itu untuk mendapatkan hasil belajar yang baik maka guru dapat menggunakan metode eksperimen khususnya pada mata pelajaran IPA. Mata pelajaran IPA adalah pembelajaran yang mempelajari tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam agar siswa memperoleh serta mempunyai pengetahuan tentang alam sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode eksperimen pada pembelajaran siklus I yaitu membuat kincir angin sederhana dan pembelajaran siklus II membuat telpon kaleng dari gelas plastik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III SDN Karet Kuningan 01 Pagi dan menghitung rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 35 orang, wali kelas sebagai observer dan peneliti sebagai guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua kali siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, data dianalisis dengan cara mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dan memeriksa hasil belajar siswa serta menghitung nilai rata-rata yang diperoleh siswa. Setelah dilakukan penelitian dengan dua kali pelaksanaan siklus pembelajaran. Proses pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan penggunaan metode eksperimen, di mana hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai postes siklus I 68,57 dan nilai pada postes siklus II 76,02. Selain meningkatkan hasil belajar, siswa juga terlihat lebih aktif, kreatif dan senang dalam mengikuti pelajaran di kelas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diharapkan guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan kepada siswa. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran akan memperoleh hasil belajar siswa lebih baik apabila guru memiliki pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan metode pembelajaran.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)