Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:04 WIB
Detail
BukuUpaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Tata Tertib Sekolah Dengan Menerapkan Pengelolaan Kelas Pada Siswa Kelas IV A SDN 23 Pagi Palmerah
Bibliografi
Author: RACHMAN, AULIA ; Agustian, Murniati (Advisor)
Topik: Kedisiplinan Siswa; Pengelolaan Kelas
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2016    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Aulia Rachman’s Undergraduate Theses.pdf (6.06MB; 31 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-325
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya tingkat kedisiplinan siswa kelas IV A SDN 23 Pagi Palmerah dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dengan menerapkan pengelolaan kelas pada siswa kelas IV A SDN 23 Pagi Palmerah. Disiplin merupakan sikap untuk mematuhi tata tertib melalui latihan, pengawasan, dan pembiasaan digunakan untuk menciptakan keadaan yang tertib dan patuh pada individu agar terbentuk individu yang dapat disiplin ketika di sekolah. Sedangkan, Pengelolaan kelas ialah upaya kegiatan yang dilakukan oleh guru secara sengaja untuk menciptakan dan memelihara suasana pembelajaran yang kondusif, sehingga terjadi kegiatan pembelajaran yang bermakna, aktif, efektif, efesien, nyaman, dan tidak membosankan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus setiap siklus terdapat 5 hari pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV A SDN 23 Pagi Palmerah yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi berupa rekaman video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV A SDN 23 Pagi Palmerah mengalami peningkatan yang signifikan setelah diberikan tindakan penerapan pengelolaan kelas oleh peneliti, wali kelas dan guru bidang studi. Pada siklus I tingkat kedisiplinan siswa mencapai 70.75%, setelah siklus I selesai ternyata tingkat kedisiplinan siswa belum mencapai kriteria yang sudah ditentukan. Penelitian dikatakan berhasil jika tingkat kedisiplinan siswa mencapai 80%. Dilanjutkan pada siklus II tingkat kedisiplinan siswa mencapai 83.49%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat kedisiplinan siswa dapat meningkat dengan adanya tindakan pengelolaan kelas yang diterapkan dan pengamatan yang dilakukan setiap kegiatan pembelajaran oleh peneliti, wali kelas, dan guru bidang studi. Peneliti juga memberikan saran kepada guru sekolah dasar yaitu dalam mengatur siswa agar tetap disiplin dalam mematuhi tata tertib di sekolah, dan juga mengembangkan/menguasaai berbagai keterampilan dasar mengajar terutama pada keterampilan mengelola kelas, sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan optimal.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)