Bisnis internasional merupakan kegiatan bisnis yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan ternama dari beberapa bidang industri guna mendapatkan keuntungan – keuntungan tertentu mulai dari supply produk yang lebih luas hingga peningkatan konsumen. Industri pertahanan pun telah melakukan kegiatan bisnis internasional ini, perusahaan asal Indonesia yang bergerak dalam industri senjata yaitu PT Pindad sebagai salah satu contohnya. Oleh karena itu, studi ini melakukan analisis strategi pemasaran alutsista PT Pindad di pasar domestik maupun pasar Asia tenggara dalam masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). Studi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mengetahui bagaimana strategi yang dipakai oleh PT Pindad dalam memasarkan produknya di pasar domestik maupun Asia Tenggara. Melalui metode ini, studi ini mengolah data yang didapatkan dari data primer, oleh narasumber terpercaya, serta data sekunder yang berasal dari jurnal dan website untuk selanjutnya dianalisis dengan Teori Marketing Mix (4P) sehingga nantinya dapat menggambarkan bagaimana kinerja PT Pindad dalam melakukan kegiatan pemasarannya. Studi ini menyimpulkan bahwa apa yang dilakukan PT Pindad seperti apa yang sebagaimana dilakukan perusahaan pada umumnya yaitu menggunakan Marketing Mix dalam strategi pemasarannya. Akan tetapi dalam industri pertahanan, pemerintah ikut andil membantu kegiatan bisnis sebuah perusahaan tersebut, khususnya dalam pemasaran produk dan juga dalam penjualan. Oleh karena itu, studi ini menyimpulkan adanya penambahan variabel dalam menjalankan bisnis persenjataan yaitu variabel government. |