BLUME FLORIST merupakan bisnis toko bunga online di Instagram yang berdiri sejak Januari 2015. Karena belum memiliki strategi bisnis, BLUME FLORIST melakukan analisis pengembangan strategi bisnis dengan menggunakan BusinessModel Canvas. Strategi hasil analisis untuk kesembilan blok Business Model Canvasadalah sebagai berikut: Channel yang dipilih adalahInstagram. Segmen pembeli difokuskan pada pria dan wanita usia dari 18-24 tahun yang berdomisili di Jakarta dengan gaya hidup modern dan kelas sosial menengah ke atas. Hubungan dengan pelanggan yang dibangun adalah sebagai asisten pribadi. Nilai yang ditawarkan adalah: buket bunga yang dapat dikustomisasi, desain yang menarik, pemberian merek, harga mengikuti anggaran pembeli, dan kesegaran bunga yang dapat bertahan lama. Sumber daya kunci adalah sumber daya manusia pelaksana keseluruhan proses bisnis. Aktivitas kunci adalah pengelolaan Instagram, pengelolaan order, pembuatan buket bunga sampai dengan pengiriman. Mitra utama yang menunjang bisnis adalah penjual bunga dan perusahaan jasa kurir. Strategi yang dipilih oleh BLUME FLORIST di tahun pertama mampu mendapat tingkat profit sebesar 20% dengan Net Income mencapai sebesar Rp24,196,090.00 dan terus meningkat hingga pada tahun kelima mendapatkan tingkat profit sebesar 23% dengan Net Income mencapai sebesar Rp63,250,712. |