Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan, leverage dan manajemen laba terhadap profitabilitas perusahaan. Tanggung jawab sosial perusahaan menggunakan pendekatan indikator Sustainability Reporting Guidelines yang diterbitkan oleh Global Reporting Initiative (GRI). Leverage perusahaan diukur menggunakan Debt Equity Ratio. Manajemen laba menggunakan pendekatan discretionary revenue model dengan pengukuran dari Stubben (2010) yakni conditional revenue model. Tingkat profitabilitas perusahaan diukur menggunakan rasio Return On Asset (ROA). Sampel penelitian adalah 41 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI mulai tahun 2011 hingga 2014. Analisis digunakan dengan alat statistik SPSS dan uji regresi berganda. Hasil pengujian menunjukkan, kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh positif non signifikan terhadap profit perusahaaan. Leverage berpengaruh signifikan negatif kepada profitabilitas perusahaan. Sementara, manajemen laba, berpengaruh positif signifikan kepada profitabilitas perusahaan. |