Industri bunga dan tanaman hias memiliki prospek yang cukup baik untuk sebagai lapangan usaha, hal ini diperlihatkan dengan jumlah permintaan bunga segar yang meningkat sejalan dengan meningkatnya sektor bisnis dan pariwisata. Bunga tentu saja sangat dibutuhkan dalam berbagai acara, misalnya saja untuk dijadikan hiasan ruangan guna mempercantik rumah, juga untuk membuat keadaan dirumah menjadi lebih wangi, atau bisa juga dijadikan sebagai media untuk menyampaikan rasa simpati kepada keluarga, rekan, maupun kerabat yang sedang bersuka maupun yang sedang berduka cita. Dengan melihat peluang ini, penulis ingin mengembangkan lagi Shinta Flower Shop, tidak hanya sebagai sebuah florist saja, tetapi juga berkembang menjadi bouquet specialist yang menyediakan berbagai bouquet bunga segar yang dirangkai dengan istimewa dan dapat disesuaikan dengan keinginan pelanggan. Hal ini ditunjukkan pada visi dari Shinta Flower Shop ini sendiri, yaitu “menjadikan Shinta Flower Shop sebagai bouquet specialist yang menawarkan berbagai variasi jenis bunga segar yang lengkap untuk masyarakat di kota Palembang dan sekitarnya”. Shinta Flower Shop sangat menjaga kualitas bunga yang dijual kepada pelanggannya. Bunga-bunga yang dijual sebagian diimpor dari luar kota, seperti Medan, Bandung, dan Jakarta. Target pasar Shinta Flower Shop secara demografis, berdasarkan usia, adalah pelanggan dengan rentang usia antara 17 sampai 55 tahun, yaitu masyarakat pada masa remaja akhir hingga masa lansia awal. Dan dari segi pendapatan, target pasar Shinta Flower Shop adalah masyarakat ekonomi kelas menengah hingga ekonomi kelas menengah ke atas. Kemudian target pasar Shinta Flower Shop secara psikografis adalah masyarakat dengan gaya hidup modern, yang melihat bunga sebagai salah satu kebutuhan dan alternatif cara untuk mengekspresikan diri kepada orang lain. Shinta Flower Shop menyediakan berbagai jenis bunga potong segar dan rangkaian bunga dengan beragam bentuk dan kreasi, dengan produk utama yaitu bouquet bunga segar. Bouquet bunga segar ini tersedia dalam berbagai macam bentuk seperti bouquet bunga meja, hand bouquet, standing flower, bunga pita dan lain-lain. Shinta Flower Shop menyediakan berbagai macam bentuk bouquet dengan berbagai harga. Perbedaan yang dimiliki Shinta Flower Shop adalah semua bouquet bunga dapat dibuat sesuai dengan budget yang dimiliki oleh pelanggan dengan minimal harga Rp 350.000. Dalam kegiatan operasional sehari-hari, Shinta Flower Shop memiliki 4 orang karyawan, yaitu 1 orang designer, 1 orang perangkai utama, 1 orang bagian administrasi dan 1 orang supir. Mereka semua memiliki peranan masing-masing agar dapat mengerjakan pekerjaannya dengan lebih baik dan efektif. Untuk memperkenalkan Shinta Flower Shop sebagai bouquet specialist di Kota Palembang, perlu dilakukan promosi dengan media-media yang berbasis internet, karena dengan mudahnya akses internet promosi yang dilakukan melalui internet pun akan semakin efektif dan ekonomis. Selain itu perlu juga dilakukan beberapa inovasi, mulai dari penambahan varasi produk yang dijual oleh Shinta Flower Shop hingga inovasi dalam bidang pelayanan yang dilakukan dengan memanfaatkan media sosial sehingga mempermudah pelanggan dalam melakukan transaksi. Untuk menjalankan usaha ini, dibutuhkan investasi awal sebesar Rp 258.000.000,- dengan asumsi pendapatan sebesar Rp 103.700.000,- per bulannya, maka laba yang akan diperoleh setiap bulannya adalah sebesar Rp 18.803.333,-. Dengan angka tersebut, maka Shinta Flower Shop akan mengalami payback selama 10.5 bulan. |