Kemampuan interpersonal adalah penilaian individu terhadap kemampuannya dalam menghargai orang lain, terbuka, mempercayai motif orang lain dan menunjukkan kehangatan dalam berinteraksi. Penyesuaian diri adalah penilaian individu terhadap kemampuannya dalam mempersepsi realita secara akurat, mengatasi stress, memiliki citra diri positif, mengungkapkan perasaan, dan membina hubungan pribadi yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan interpersonal dan tingkat penyesuaian diri mahasiswa angkatan 2015 Fakultas Pendidikan dan Bahasa Unika Atma Jaya Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian sebanyak 130 mahasiswa yang berasal dari 36 mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling, 15 mahasiswa Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik, 22 mahasiswa Prodi Bahasa Inggris, dan 57 mahasiswa Prodi Pendidikan Guru SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala penelitian untuk mengukur variabel kemampuan interpersonal dengan variabel penyesuaian diri. Teknik statistika yang digunakan adalah korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan komputer SPSS (Statistical Package for Social Sciences) versi 17.0. Hasil uji coba instrumen dari 100 butir pernyataan mengenai kemampuan interpersonal diperoleh 94 pernyataan valid dengan reliabilitas 0,953. Selanjutnya, imstrumen dari 100 butir pernyataan mengenai penyesuaian diri diperoleh 85 pernyataan valid dengan reliabilitas 0,954. Hasil analisis korelatif menunjukkan bahwa variabel kemampuan interpersonal dan variabel penyesuaian diri memperoleh nilai korelasi sebesar 0,620 serta sig. (2-tailed) = 0.000, dan karena sig. (2-tailed) = 0.000 lebih kecil dari a = 0.01 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kemampuan interpersonal dan penyesuaian diri. Semakin tinggi kemampuan interpersonal, maka semakin tinggi pula penyesuaian diri. Saran bagi Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta hendaknya hasil penelitian ini digunakan sebagai tambahan materi dalam mata kuliah Psiko Edukasi yang berkaitan dengan pertemanan dan penyesuaian diri. Saran bagi ketua HMPS hendaknya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan penyusunan program kerja organisasi yang terkait dengan pengembangan aspek sosioemosional mahasiswa. Saran bagi Ketua Prodi Bahasa Inggris, Ketua Prodi Keagamaan Katolik dan Ketua Prodi Pendidikan Guru SD Unika Atma Jaya Jakarta hendaknya hasil penelitian ini digunakan sebagai acuan untuk rancangan kegiatan yang berkaitan dengan interaksi baik sesama maupun lintas Prodi. Saran bagi pembaca hendaknya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber informasi tambahan bagi penelitian selanjutnya. |