Faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar merupakan faktor yang berasal dari dalam diri individu yang sedang belajar. Faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar digolongkan menjadi dua, yaitu fisik dan psikologis. Fisik mencakup pada aspek kesehatan dan kelelahan fisik. Psikologis mencakup pada aspek perhatian, minat, bakat, motif, kematangan, dan kelelahan psikologis. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Penelitian dilakukan pada tiga mahasiswa yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) = 3.50. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus 2015 sampai bulan Januari 2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor internal apa saja yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi terhadap subjek penelitian, selain itu peneliti melakukan triangulasi sumber data untuk mengecek kebenaran data, dengan melakukan wawancara terhadap teman subjek, orangtua subjek, dan dosen pembimbing akademik. Data yang diperoleh, dianalisis menggunakan langkah-langkah analisis data, yaitu menguji kebenaran data, mengklasifikasikan data sesuai pertanyaan penelitian, menganalisis dan menginterpretasikan data, membuat kesimpulan berdasarkan hasil interpretasi dari data yang diperoleh (Sudarnoto, 2010). Hasil penelitian menunjukkan bahwa fisik dan psikologis saling mempengaruhi ketiga subjek dalam mencapai prestasi belajar. Hasil penelitian ditinjau dari fisik, ketiga subjek memiliki masalah dalam kesehatan dan kelelahan fisik. Akan tetapi ditinjau dari psikologis yang mencakup perhatian, minat, bakat, motif, kematangan dan kelelahan psikologis, ketiga subjek memiliki kondisi psikologis yang baik. Fisik yang bermasalah tidak mempengaruhi ketiga subjek dalam mencapai prestasi belajar, karena ketiga subjek memiliki psikologis yang baik, sehingga ketiga subjek dapat mencapai prestasi belajar. Saran Penelitian Bagi Dosen Pembimbing Akademik Program Studi Bimbingan dan Konseling Unika Atma Jaya, penelitian ini diharapkan memberi masukan dalam menangani mahasiswa yang memiliki hambatan belajar. Bagi Para Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Unika Atma Jaya, penelitian ini diharapkan mampu memberi informasi dalam membantu mahasiswa yang memiliki hambatan belajar. Bagi Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, penelitian ini diharapkan mampu memberi informasi bagi mahasiswa yang akan melakukan penelitian lanjutan tentang masalah kesulitan belajar. |