Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:31 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penerimaan Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama Bukit Sion Jakarta Barat
Bibliografi
Author:
PRATISYA, EUNIKE CHRISTINA
;
Trihastuti, Maria Claudia Wahyu
(Advisor)
Topik:
Penerimaan Diri
;
Penerimaan Diri Siswa
;
Sekolah Menengah Pertama
;
Bukit Sion Jakarta Barat
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2016
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Eunike Christina Pratisya’s Undergraduate Theses.pdf
(1.63MB;
77 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIPK-548
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Penerimaan diri adalah penilaian positif individu terhadap diri sendiri yang terkait mengenal dan menerima kelebihan dan kelemahan yang ada dalam dirinya, serta memiliki keyakinan, tanggung jawab, dan kepuasan dalam dirinya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah melihat penerimaan diri siswa Sekolah Menengah Pertama Bukit Sion Jakarta Barat tahun pelajaran 2015-2016. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 155 siswa Sekolah Menengah Pertama Bukit Sion Jakarta Barat tahun pelajaran 2015-2016. Metode pengumpulan data menggunakan skala penilaian yang digunakan untuk mengukur variabel penerimaan diri. Instrumen terdiri dari tiga komponen dan sepuluh indikator dengan 80 pernyataan. Analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment dengan bantuan SPSS (Statistical package for social science) versi 17,00. Hasil uji coba instrumen penerimaan diri menghasilkan reliabilitas sebesar 0,924 dengan 63 pernyataan yang valid. Analisis data pada instrumen melihat dari frekuensi (f) dan Persentase (%). Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa Sekolah Menengah Pertama Bukit Sion Jakarta Barat tahun pelajaran 2015-2016 termasuk dalam klasifikasi penerimaan diri cukup positif sebesar 54,19%. Penerimaan diri yang cukup positif menunjukkan bahwa siswa Sekolah Menengah Pertama Bukit Sion Jakarta Barat tahun pelajaran 2015-2016 cukup positif dalam menilai diri. Komponen pada variabel penerimaan diri yang memiliki skor tertinggi adalah komponen individu memiliki keyakinan, tanggung jawab, dan kepuasan dalam dirinya dan skor terendah pada komponen individu mampu mengenal kelebihan dan kelemahan yang ada dalam dirinya. Berdasarkan hasil penelitian diajukan saran kepada Kepala Sekolah SMP Bukit Sion Jakarta Barat dapat bekerjasama dengan guru-guru untuk meningkatkan penerimaan diri siswa yang berada pada kategori cukup positif dalam mengembangkan kemampuan sesuai dengan bakat dan karakter yang dimiliki masing-masing siswa SMP Bukit Sion Jakarta Barat. Guru-guru SMP Bukit Sion Jakarta Barat dapat mempertahankan penerimaan diri siswa yang berada pada kategori sangat positif dan meningkatkan penerimaan diri siswa yang berada pada kategori cukup positif dengan cara memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk mengutarakan pendapatnya dan menggunakan kemampuannya dalam proses belajar mengajar. Guru Bimbingan Konseling SMP Bukit Sion Jakarta Barat dapat memberikan layanan pribadi atau kelompok berkaitan dengan meningkatkan dan mempertahankan penerimaan diri siswa dengan melakukan konseling secara rutin kepada setiap siswa dan berkala untuk siswa yang memiliki penerimaan diri kurang positif, serta memberikan informasi baik personal maupun klasikal.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)