Memiliki karyawan yang memahami dan menerapkan brand values perusahaan adalah kunci kesuksesan bagi perusahaan yang berada di tengah persaingan yang ketat. PT. Rakuten Belanja Online (PT. RBO) merupakan salah satu perusahaan e-commerce yang sedang menghadapi persaingan di Indonesia. Untuk mencapai tujuannya, PT. RBO membutuhkan karyawan yang memahami dan menerapkan brand values perusahaan. Penulis menggunakan metode wawancara semi-structured kepada 13 partisipan dari setiap divisi di dalam perusahaan yang mengetahui tentang brand values PT. RBO. Dalam menganalisis data verbatim, penulis membagi tahapan analisis menjadi empat bagian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan partisipan sudah memahami dan menerapkan brand values perusahaan dengan baik pada tiga nilai berikut: empowerment, integrity, dan succeed as a team. Nilai professionalism dan get things done masih kurang dipahami karena terdapat poin persepsi pada buku karyawan yang tidak disebutkan oleh partisipan. Persepsi yang tidak sesuai dengan buku panduan karyawan berakibat pada implementasi partisipan yang kurang bervariasi. Beberapa saran diberikan sesuai dengan hasil temuan. |