Anda belum login :: 23 Nov 2024 07:51 WIB
Detail
BukuPerbaikan dan pengembangan kualitas layanan transportasi Go-Jek (disajikan dalam Seminar Nasional Teknologi Industri (SNTI) V di Universitas Trisakti 18 Mei 2016)
Bibliografi
Author: Sukwadi, Ronald ; WILLIM, WILY
Topik: SERVQUAL; Kansei Engineering; Quality Function Deployment
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2016    
Jenis: Papers/Makalah - pada seminar nasional
Fulltext: Ronald SNTI 2016.pdf (700.62KB; 13 download)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya berbagai bisnis online, salah satunya adalah ojek online. PT. Go-Jek Indonesia sebagai pencetus ojek online perlu terus mengembangkan dan memperbaiki layanannya agar tidak kalah bersaing dengan selalu memperhatikan kebutuhan konsumen. Kansei Engineering (KE) merupakan alat yang dapat mengukur dan menerjemahkan emosi konsumen ke dalam fitur-fitur produk. Dalam menganalisis kebutuhan konsumen, beberapa tools seringkali digunakan antara lain SERVQUAL dan Quality Function Deployment (QFD), namun kedua metode ini tidak dapat mengukur kebutuhan emosional. Untuk menutupi kekurangan tersebut, penelitian ini mengintegrasikan model SERVQUAL, KE, dan QFD. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi atribut-atribut layanan dan kansei words, mengukur kepuasan konsumen, menentukan urutan prioritas atribut-atribut layanan, dan menganalisis action plans yang perlu dilakukan untuk mengembangkan layanan. Hasil dari penelitian ini adalah 5 action plans yaitu safety education program, customer service training, peraturan dan regulasi untuk driver, sistem edukasi driver, dan sistem IT yang terdepan.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya berbagai bisnis online, salah satunya adalah ojek online. PT. Go-Jek Indonesia sebagai pencetus ojek online perlu terus mengembangkan dan memperbaiki layanannya agar tidak kalah bersaing dengan selalu memperhatikan kebutuhan konsumen. Kansei Engineering (KE) merupakan alat yang dapat mengukur dan menerjemahkan emosi konsumen ke dalam fitur-fitur produk. Dalam menganalisis kebutuhan konsumen, beberapa tools seringkali digunakan antara lain SERVQUAL dan Quality Function Deployment (QFD), namun kedua metode ini tidak dapat mengukur kebutuhan emosional. Untuk menutupi kekurangan tersebut, penelitian ini mengintegrasikan model SERVQUAL, KE, dan QFD. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi atribut-atribut layanan dan kansei words, mengukur kepuasan konsumen, menentukan urutan prioritas atribut-atribut layanan, dan menganalisis action plans yang perlu dilakukan untuk mengembangkan layanan. Hasil dari penelitian ini adalah 5 action plans yaitu safety education program, customer service training, peraturan dan regulasi untuk driver, sistem edukasi driver, dan sistem IT yang terdepan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.125 second(s)