Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan yang berkunjung ke restoran Sushi Joobu yang menyediakan jenis makanan Jepang, serta mengetahui tanggapan pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh restoran Sushi Joobu. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kombinasi (Mix Method) atau gabungan dari metode kualitatif dan metode kuantitatif. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan membagikan kuesioner dan wawancara dengan pelanggan. Secara keseluruhan, kualitas pelayanan di Restoran Sushi Joobu cukup bagus hingga bagus. Kondisi bagus dijumpai dalam dimensi bukti fisik (tangibles), dan Keandalan (reliability). Dimensi Kesigapan (responsiveness) sudah dalam kondisi cukup bagus. Sementara itu, Jaminan atau kepastian (assurance), dan Empati (emphaty), sudah dalam kondisi agak bagus. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara keseluruhan kepuasan sudah dirasakan pelanggan. Namun, masih ada yang harus ditingkatkan dan ada yang harus diperbaiki, supaya memberikan peningkatan kepuasan pelanggan. Berikut hasil secara rinci per dimensi dalam kepuasan: Produk (product) yang ditawarkan sudah cukup memuaskan pelanggan, namun perlu ditambah atau diperbanyak makanan dan minuman yang ada. Harga (price) sudah agak bagus, tetapi perlu diperhatikan lagi harga makanan dan minumannya supaya bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan. Promosi (promotion) agak bagus, tetapi perlu ditingkatkan lagi terutama promosi melalui media sosial masih kurang, maka perlu ditingkatkan supaya bisa menarik pelanggan. Distribusi (place) masih kurang bagus, maka perlu diperbaiki supaya memberikan kepuasan kepada pelanggan. Terakhir, penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayananan yang diberikan oleh restoran Sushi Joobu mempengaruhi kepuasan pelanggan yang berkunjung ke restoran tersebut. Kesimpulan ini diperoleh dari hasil analisis regresi yang dilakukan. |