Anda belum login :: 27 Nov 2024 08:26 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Karakteristik dan Strategi E-commerce (Studi Kasus: PT. Fashion Eservices Indonesia, Zalora)
Bibliografi
Author:
CHRISTIANA, MERY
;
Sijabat, Rosdiana
(Advisor)
Topik:
E-Commerce
;
Strategi
;
Generic Porter
;
PESTLE
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2016
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Mery Christiana's Undergraduate Theses.pdf
(1.0MB;
214 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FIAN-1876
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Perkembangan penggunaan internet yang cukup pesat di Indonesia telah mendukung pelaksanaan e-commerce. E-commerce merupakan bisnis yang memanfaatkan internet sebagai penghubung antara pelaku bisnis dan pengguna internet. Pembelian fashion adalah pembelian yang banyak dilakukan melalui e-commerce. Salah satu pelaku bisnis e-commerce fashion di Indonesia adalah PT. Fashion Eservices Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Zalora. Zalora merupakan anak perusahaan dari Rocket Internet yang memiliki kantor regional untuk Asia Tenggara di Singapura. Zalora melakukan operasi bisnis di Asia Tenggara seperti di Indonesia, Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Singapura. Penelitian ini mengkaji karakteristik internal dan eksternal Zalora dengan menggunakan SWOT/TOWS Matrix. Hasil analisis SWOT digunakan untuk merekomendasikan strategi bisnis Zalora agar semakin kompetitif dalam menjalankan e-commerce di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data primer didapatkan melalui wawancara mendalam dengan dua narasumber yang dipilih secara purposive dari Zalora yaitu Chief Financial Officer (CFO) dan Brand Acquisition Associate. Penelitian ini juga menggunakan data sekunder dari studi kepustakaan dan dan informasi terkait lain yang berasal dari Zalora ataupun publikasi terkait dari sumber-sumber lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Zalora memiliki karakteristik bisnis model B2C yang menawarkan produk dengan brand lokal dan internasional. Karakteristik dari eksternal Zalora secara politik, ekonomi, sosial, legal, dan ekologi menunjukkan bahwa Zalora memiliki ancaman dan peluang. Ancaman dan peluang dari karakteristik internal dan eksternal dapat di atasi dengan beberapa strategi seperti melakukan promo yang exclusive, mengadakan event yang mendukung fashion di Indonesia, melakukan kerjasama dengan brand ambassador, dan bekerjasama dengan pemerintah untuk regulasi e-commerce di Indonesia. Keunggulan Zalora tercipta melalui strategi diferensiasi seperti menurut Teori Porter. Keunggulan yang dimiliki oleh Zalora adalah brand ambassador program, program affiliate marketing, metode pembayaran dengan COD, brand yang ditawarkan, dan logistik. Zalora dapat melakukan beberapa program untuk meningkatkan bisnis e-commerce fashion di Indonesia yaitu dengan cara program custom desain untuk customer, program loyalty untuk customer, dan membuat program live chat dengan customer di web untuk memberikan pelayanan yang lebih baik.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.1875 second(s)