Sushi-Ie adalah sebuah bisnis berbasis home industry yang bergerak dalam industri makanan Jepang dengan produk yang ditawarkan berfokus pada sushi. Bisnis ini telah berjalan selama ±2 tahun. Saat ini pemasaran dan penjualan Sushi-Ie dilakukan secara online melalui media sosial dan distribusi produk ke toko-toko kue. Sebagai bisnis baru yang masih dalam perkembangan, Sushi-Ie perlu menanamkan brand awareness yang kuat ke dalam benak masyarakat. Oleh karena itu dibutuhkan pengembangan dalam kegiatan pemasaran dan inovasi produk. Pengembangan bisnis yang dilakukan adalah dengan menciptakan sistem website dan customisasi yang berfokus pada fungsi pemasaran dan penjualan. Sistem website diciptakan sebagai media utama untuk pemasaran produk Sushi-Ie dan mempunyai fungsi lain yaitu fungsi penjualan dimana sistem website ini menawarkan kemudahan untuk melakukan pemesanan tanpa harus menghubungi kontak yang tertera. Sementara pengembangan sistem customisasi memberikan kebebasan pada konsumen untuk menciptakan sushi kreasi mereka sendiri. Pengembangan bisnis ini memerlukan start-up cost sebesar Rp10.000.000,00 dengan rincian capital list sebesar Rp6.200.000,00 dan operating expense sebesar Rp3.800.000,00. Dengan total start-up expense yang tidak terlalu besar ini diharapkan perusahaan dapat mencapai pertumbuhan sebesar 15% pada tahun berikutnya, dan terus meningkat sebesar 25-40% pada tahun-tahun mendatang. |