Anda belum login :: 27 Nov 2024 00:04 WIB
Detail
ArtikelMenciptakan Pembelajaran Menyenangkan Melalui Optimalisasi Jeda Strategis dengan Karikatur Humor dalam Belajar Matematika  
Oleh: Darmansyah
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Jurnal Teknodik vol. XI no. 21 (Aug. 2007), page 38-65.
Topik: Pembelajaran Menyenangkan; Jeda Strategis; Karikatur Humor
Fulltext: 38.pdf (167.52KB)
Isi artikelRendahnya motivasi belajar, kurang kreatif, cepat bosan, sering jenuh, tegang saat mengikuti pelajaran, meningkatnya jumlah siswa keluar kelas, tingginya persentase siswa yang tidak menyelesaikan pekerjaan rumah merupakan persoalan pelik yang sering muncul dalam pembelajaran Matematika di SMAN 7 Padang. Hal ini selain disebabkan karakteristik Matematika yang abstrak, berhirarkhi dan sulit dipahami, juga akibat strategi mengajar yang diterapkan guru cenderung monoton, kurang menyenangkan dan membosankan bagi siswa, sehingga pembelajaran menjadi tidak efektif dan berdampak rendahnya capaian hasil belajar. Penelitian tindakan kelas yang menerapkan strategi pembelajaran menyenangkan melalui optimalisasi jeda strategis menggunakan karikatur humor ini merupakan upaya untuk mengatasi sebagian masalah tersebut. Prosedur penelitian adalah dengan memberikan istirahat sejenak yang disebut jeda strategis selama 2-3 menit setiap periode waktu 30 menit pembelajaran. Saat jeda strategis berlangsung, guru menyisipkan gambar karikatur humor menggunakan trasparansi, sehingga dapat memancing siswa ketawa. Karikatur humor yang digunakan sebagai instrumen perlakuan didisain dan diadopsi dari berbagai sumber yang kemudian diseleksi melalui uji coba. Data mengenai reaksi siswa dikumpulkan melalui catatan pengamatan oleh kolaborator kemudian diperkuat dengan penyebaran angket kepada siswa dan data hasil belajar diperoleh melalui tes. Teknik analisis data menggunakan perhitungan “mean score”. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penayangan gambar karikatur humor dapat memancing siswa untuk ketawa secara bersama-sama di dalam kelas. Dari hasil analisis observasi reaksi siswa saat jeda strategis, 83.94% siswa ketawa. Analisis angket mengungkapkan 86,33% siswa dapat tertawa dan menyatakan pembelajaran dengan penayangan karikatur humor dalam jeda strategis sangat menyenangkan. Hasil belajar siswa menunjukkan angka rata-rata 71,89 yang relatif lebih tinggi daripada capaian hasil belajar sebelumnya. Dengan demikian optimalisasi jeda strategis melalui sisipan karikatur humor dapat menciptakan Pembelajaran menyenangkan dan berdampak positif terhadap peningkatan capaian hasil belajar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi para guru dan peneliti lain dalam melaksanakan tugas pembelajaran maupun dalam penelitian lanjutan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)