Pada penelitian ini membahas mengenai pengaruh karakter hewan antropomorfik dalam iklan pada sikap konsumen terhadap merek dengan vairabel mediasi yaitu sikap konsumen terhadap iklan, ketulusan karakter dalam iklan, kegembiraan karakter dalam iklan. Penelitian ini menggunakan metode experimen dengan menggunakan iklan media cetak sebagai manipulasi. Pada Studi 1 mempunyai 2 manipulasi yaitu kondisi 1 iklan yang menggunakan karakter hewan yang tidak memyerupai manusia dan kondisi 2 iklan yang menggunakan karakter hewan yang menyerupai manusia. Sedangkan pada studi 2 merupakan repikasi dari studi 1, dengan tiga tingkatan kemiripan karakter hewan dengan manusia sebagai manipulasi. Dalam penelitian ini dibuktikan bahwa karater hewan antropomorfik dalam iklan secara langsung tidak mempengaruhi sikap konsumen terhadap merek, tetapi melalui variable mediasi yaitu sikap konsumen terhadap iklan, dan kegembiraan karakter hewan dalam iklan signifikan mempengaruhi sikap konsumen terhadap merek. |