Toko Cahaya Baru adalah distributor minyak goreng curah yang telah oerain sejak tahun 1994 di Jalan Budi Mulya, Pademangan, Jakarta Utara. Adapun Toko Cahaya Baru tidak memproduksi sendiri produk minyak goreng namun hanya menjadi jasa pengantar minyak goreng tersebut ke beberapa tokc pelanggan yang berada di pasar- pasar tradisional. Setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan metode wawancara dan pengamatan maka diketahui bahwa Toko Cahaya Baru menghadapi masalah yaitu kurang bekerjanya fungsi manajemen hingga saat ini. Toko Cahaya Baru tidak dapat mengatasi permintaan dari pelanggan dan tidak dapat menjadi pemasok utama bagi para pelanggan. Dalam mangatasi masalah tersebut, maka diusulkannya sebuah pengembangan bisnis untuk mengatasi kekurangan atas masalah- masalah yang timbul. Pengembangan yang dilakukan adalah menstruktur ulang fungsi manajemen dan rangkaian organisasi sehingga hasil yang diperoleh Toko Cahaya Baru dapat meningkat. Dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. Dengan adanya pengembangan dalam operasi dan struktur bisnis Toko Cahaya Baru ini diharapkan dapat mencapai peningkatan penjualan sebesar 29% di mana pada tahun 2015 menghasilkan laba kotor Rp 321.030.566,00 menjadi Rp 417.399.736,00 pada tahun pertama pengembangan yaitu tahun 2016 dan rasio Return on Equity sebesar 0,07 serta rasio Return on Investment sebesar 0,06. |