Perkembangan hotel saat ini didorong dengan semakin cepatnya perubahan dalam lingkungan bisnis hotel, salah satunya dengan kompetisi yang semakin ketat di antara bisnis perhotelan lainnya. Hal ini menyebabkan sebuah hotel berkewajiban memperhatikan berbagai aspek, seperti kualitas pelayanan, harga, promosi penjualan, kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen, Dengan terpenuhjnya aspek tersebut akanberpengaruh pada meningkatnya kemampuan sebuah hotel untuk bersaing di paSar. Kualitas pelayanan, harga, dan promosi penjualan memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan konsumen. dan kepuasankonsumen juga memjJiki hubungan yang signifikan dengan loyalitas. Hal tersebut membuktikan bahwa kepuasan konsumen merupakan variabel mediasi. Responden daJam pene.litjan in; adaJah 150 pe_Iariggan Favehotel padjajaran, bogor. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik simple random sampling. Hasil pengambilan sampel tesebut djolah menggunakan software L1SREL 8.80 dengan te_knik Structural Equation Model (SEM). Penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan, harga, dan promosi penjualan terhadap JoyaHtas konsumen dengan kepuasan konsumen sebaga_i variabel mediasL |