Layanan bimbingan karir adalah kegiatan layanan bimbingan yang bertujuan membantu siswa untuk memperoleh pemahaman dalam memilih, merencanakan, menyusun rencana karir dan menentukan pilihan karir yang sesnai dengan minat dan kemampuannya sehingga siswa lebili mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap layanan bimbingan karir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII SMK Tarakanita Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah skala penilaian yang digunakan untuk mengukur variabel persepsi terhadap layanan bimbingan karir. Data kemudian diolah dengan menggunakan SPSS versi 20.00. Total pernyataan persepsi terhadap layanan bimbingan karir sebanyak 88 pernyataan. Setelah dilakukan ujicoba, maka diperoleh 67 pernyataan yang valid, pernyataan tersebut dinyatakan valid karena r hitung memiliki koefisien korelasi lebih besar dari pada r tabel 0,242 dengan taraf signifikan 5%, nilai reliabilitas diperoleh 0,943. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI dan XII SMK Tarakanita Jakarta Selatan memiliki persepsi positif terhadap layanan bimbingan karir yang diberikan oleh Guru Bimbingan dan Konseling. Hal ini berarti siswa dapat menerima dengan baik layanan bimbingan karir yang diberikan oleh Guru Bimbingan dan Konseling. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling, guru Bimbingan dan Konseling di sekolah, dan bagi siswa SMK Tarakanita untuk semakin memperdalam wawasan tentang pemberian layanan bimbingan karir khususnya di SMK. Peneliti mengharapkan dari hasil penelitian ini, agar Guru Bimbingan dan Konseling terus meningkatkan kualitas kinerja dengan menggunakan metode yang bervariasi sesuai dengan topik yang akan disampaikan pada siswa. Guru Bimbingan dan Konseling di sekolah dapat memberikan informasi kepada siswa melalui berbagai kegiatan dalam memberikan materi dengan pelaksanaan layanan bimbingan karir seperti layanan informasi, ceramah dari nara sumber, serta pelatihan karir melalui diskusi kelompok, hari karir, dan sosio drama sehingga berdampak positif terhadap siswa dalam pemilihan karirnya. |