Kemajuan dalam bidang ekonomi, pemasaran dan teknologi mendorong PLN untuk berinovasi. PLN melakukan perubahan untuk mengikuti perubahan yang terjadi pada masyarakat di Indonesia dengan menyediakan layanan alternatif baru bagi pelanggannya, yaitu "Listrik Prabayar" (Prepaid). Sistem metering prabayar merupakan sistem yang menerapkan "Bayar Hanya yang dipakai". Untuk memperkenalkan layanan ini PLN melakukan kegiatan promosi seperti periklanan (advertising) dan penjualan pribadi (Personal Selling). Namun dalam membuat sebuah keputusan pembelian tidak hanya periklanan dan penjualan pribadi yang mendorong, namun adanya pengetahuan konsumen akan produk itu sendiri (Product Knowledge). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui periklanan, penjualan pribadi, dan pengetahuan produk dapat mempengaruhi minat beli konsumen. Untuk memperoleh data empiris disebarkan 388 kuesioner kepada masyarakat di tanjung Rhu, Pekanbaru. Sampling dilakukan dengan metode simple random sampling. Data diolah dan diuji dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari periklanan, penjualan pribadi, dan pengetahuan akan produk terhadap minat beli konsumen. |