Kompetensi pedagogik merupakan segala kemampuan guru yang berkaitan dengan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru di SDS Harapan Bunda. Subjek penelitian adalah 30 guru SDS Harapan Bunda, ditiga lokasi sekolah, yaitu: Bogor, Bekasi, dan Tangerang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan test pegetahuan pedagogik guru dan observasi supervisi kunjungan kelas yang didapatkan dari setiap kepala sekolah, dan hasil dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa guru-guru SDS Harapan Bunda memiliki pengetahuan pedagogik yang cukup dan kinerja yang cukup saat mengajar di dalam kelas. Oleh karena, itu disarankan adanya sosialisasi, seminar, dan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan pedagogik dan kinerja guru di dalam kelas. |