Anda belum login :: 13 Mar 2025 10:22 WIB
Detail
BukuMeningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV A Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Dengan Menggunakan Media Audio Visual SD Katolik Ricci II Bintaro
Bibliografi
Author: Gunawan, Indra ; Agustian, Murniati (Advisor)
Topik: Media Audio Visual (video); Pembelajaran IPA; Hasil Belajar
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2016    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2011035008-Indra G.pdf (9.21MB; 39 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-314
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Media pembelajaran merupakan komponen dari proses pembelajaran yang dapat membantu sebuah proses pembelajaran berlangsung baik. Media pembelajaran dapat merangsang pikiran, perhatian, kemampuan dan ketrampilan pelajar agar dapat memahami secara utuh isi keseluruhan pembelajaran. Posisi dari media pembelajaran penting, selain dapat membantu siswa media juga dapat di kombinasikan juga disesuaikan dengan materi yang akan dipelajari dengan demikian, proses pembelajaran menjadi lebih aktif dan kondusif. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah media audio visual (video). Media audio visual dapat menggambarkan sebuah proses terjadinya suatu keadaan yang tidak bisa disaksikan secara langsung, dengan media audio visual guru dapat menampilkan berbagai hal mengenai alam atau interaksi manusia secara langsung ke dalam kelas. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku setiap individu setelah mengalami pengalaman belajar hasil belajar berunjuk pada nilai yang dimiliki setelah setelah siswa atau individu mengalami belajar tersebut. Ilmu pengetahuan alam adalah ilmu yang mempelajari tentang kenampakan alam secara ilmiah dan sistematis, melihat bagaimana interaksi manusia dengan alam dan manfaat alam bagi kehidupan manusia. Materi IPA yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggolongan jenis hewan berdasarkan jenis makanannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran IPA kelas IV SD Katolik Ricci II. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Katolik Ricci II yang berjumlah 26 orang. Penelitian dilaksanakan melalui 3 tahap dengan mata pelajaran dan materi yang sama. Pertama peneliti melakukan penelitian awal berupa pre tes, siklus 1 dan siklus 2. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif adalah observasi dan wawancara, data di analisis dengan cara deskriptif melalui lembar pedoman wawancara dan observasi. Sedangkan untuk data kuantitatif, data berupa hasil tes siswa yang di hitung sehingga mendapatkan hasil berupa nilai rata–rata, nilai terendah dan tertinggi dari pre tes dan pro tes siswa. Jika dilihat dari hasil penelitian, penelitian ini menunjukan bahwa media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Katolik Ricci II. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan dari tahap pre tes, siklus 1 dan siklus 2 yang telah dilaksanakan. Pada tahap pre tes rata – rata nilai siswa 64,19, kemudian pada siklus 1 rata – rata nilai siswa meningkat menjadi 77,23, lalu pada siklus 2 nilai siswa meningkat kembali menjadi 82,85. Setelah membandingkan hasil pre tes, siklus 1 dan siklus 2 peneliti menyimpulkan bahwa media audio visual dapat meningkatkan hasil IPA siswa kelas IV SD Katolik Ricci II. Berdasarkan tujuan awal penelitian yaitu untuk meningkatkan hasi belajar IPA kelas IV makan penelitian ini telah tercapai. Dengan demikian bagi para guru untuk dapat memanfaatkan penggunaan media audio visual dengan baik dan maksimal agar setiap siswa dapat mengalami pembalajaran yang menarik dan membuat situasi pembelajaran lebih bervariasi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)