Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:38 WIB
Detail
BukuKeterkaitan antara moral knowing, moral feeling, dan moral behavior pada empat kompetensi dasar guru (artikel Jurnal Kependidikan Vol.45 No.2 November 2015)
Bibliografi
Author: FRANCISCA, LEONIE ; Ajisuksmo, Clara Rosa Pujiyogyanti
Topik: kompetensi guru; pendidikan karakter; lembaga pendidikan nonformal; JABFUNG-FP-CRPA-2021
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta bekerja sama dengan Masyarakat Penelitian Pendidikan Indonesia (MPPI)     Tempat Terbit: Yogyakarta    Tahun Terbit: 2015    
Jenis: Article - untuk jurnal ilmiah
Fulltext: Clara AJisuksmo_Jurnal Kependidikan_Nov2015.pdf (429.47KB; 47 download)
[Informasi yang berkaitan dengan koleksi ini di internet]
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman guru (moral knowing), keinginan guru (moral feeling) untuk melakukan, dan perilaku guru (moral behavior) pada kompetensi pedagogi, kepribadian, sosial, dan profesional dalam pendidikan karakter; serta keterkaitan antaramoral knowing, moral feeling, dan moral behavior pada empat kompetensi dasar guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, panduan observasi, dan focus group discussion. Hasil data kuantitatif menunjukkan sekitar 66,67% guru berada pada taraf cukup memadai di keempat kompetensi dasar guru terkait komponen pembentukan karakter. Data kualitatif menunjukkan bahwa pada proses pendidikan karakter, kompetensi dasar guru tidak selalu berdasarkan ketiga komponen pembentukan karakter tersebut. Akibatnya, guru-guru menjadi kurang tepat saat mengajarkan pendidikan karakter kepada peserta didik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)