Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:16 WIB
Detail
BukuKOMPETENSI GURU PADA PENDIDIKAN KARAKTER BERDASARKAN KOMPONEN PEMBENTUKAN KARAKTER DI SEBUAH LEMBAGA PENDIDIKAN NON-FORMAL dalam PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENERAPAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT II
Bibliografi
Author: FRANCISCA, LEONIE ; Ajisuksmo, Clara Rosa Pujiyogyanti
Topik: kompetensi guru; komponen pembentukan karakter; pendidikan karakter; lembaga pendidikan non-formal
Bahasa: (ID )    
Tahun Terbit: 2015    
Jenis: Article
Fulltext: v Clara Ajisuksmo_Prosiding SNHP3M II UNTAR_Sept2015.pdf (126.41KB; 11 download)
Abstract
Beberapa tahun ini pemerintah kembali menggalakkan pendidikan karakter bagi anak-anak didik. Lembaga pendidikan, baik formal maupun non-formal pun menitikberatkan pembelajaran pada pendidikan karakter. Pada pembelajaran pendidikan karakter diperlukan guru yang memiliki empat kompetensi dasar guru, yaitu kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial, dan profesional. Selain itu, penting bagi guru untuk memahami tiga komponen pembentukan karakter baik berdasarkan Lickona, yaitu mengetahui hal yang baik (Moral Knowing), menginginkan hal yang baik (Moral Feeling), dan melakukan hal yang baik (Moral Behavior). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran komponen pembentukan karakter pada kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial, dan profesional guru-guru. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan alat ukur berupa kuesioner dan metode kualitatif dengan panduan observasi dan focus group discussion. Partisipan penelitian adalah seluruh guru di sebuah lembaga pendidikan non-formal yang berjumlah 6 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekitar 66.67% guru di keempat kompetensi guru terkait komponen pembentukan karakter berada pada taraf cukup memadai. Melalui uji korelasi Pearson, didapatkan pada kompetensi pedagogis dan profesional terlihat ada hubungan yang signifikan antara moral feeling dan moral behavior (r = 0.956; p<0.05 dan r = 0.864; p<0.05). Pada kompetensi kepribadian terdapat hubungan yang signifikan antara ketiga komponen (r = 0.873; p<0.05, r = 0.976; p<0.05, r = 0.915; p<0.05). Pada kompetensi sosial hanya terlihat hubungan yang signifikan antara moral knowing dengan moral feeling (r = 0.909; p<0.05). Pengetahuan guru mengenai tahap perkembangan anak pun berada di taraf cukup memadai dan tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kompetensi pedagogis.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.203125 second(s)