Berbagai konsep dan studi yang ditemukan memberikan inspirasi bagi penulis untuk melakukan studi mengenai brand image yang timbul dari kesamaan dan perbedaan preferensi pemilihan mahasiswa terhadap fakultas-fakultas di Atma Jaya. Penulis melakukan penelitian terhadap citra universitas yang didorong oleh komponen kognitif dan komponen afektif terkait dengan keputusan yang mempengaruhi mahasiswa saat memilih universitas dan fakultas yang diinginkan. Penelitian terhadap citra universitas ini akhirnya dapat mencirikan brand image yang kuat bagi Atma Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengambilan data penelitian dilakukan secara semi structured interview pada akhir Januari yaitu tanggal 29 Januari 2014 sampai 10 Febuari 2014, yang dilakukan terhadap 18 informan mahasiswa/mahasiswi S1 aktif dari 8 Fakultas di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Dalam proses menganalisis data penulis menggunakan metode dari Miles dan Huberman terdiri 4 tahap yaitu : data collection, data reduction, data display dan conclusion. Hasil analisis data menunjukkan bahwa brand image yang muncul berdasarkan preferensi awal dan kesamaan preferensi mahasiswa/mahasiswi terhadap Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya adalah kualitas sistem pengajaran yang bagus, wadah organisasi dan sistem SKP, mudah mendapatkan gelar, pengajaran yang theoretical, lokasi yang strategis dan popular, katolik, penghargaan akademik, harga terjangkau, promosi melalui edufair, dan suasana pengajaran dan kondisi lingkungan yang menyenangkan. Namun perbedaan preferensi yang signifikan dari mahasiswa/mahasiswi dari 8 fakultas terhadap brand image Atma Jaya tidak terdeteksi dari jawaban informan. Sejumlah saran diberikan berdasarkan temuan-temuan hasil penelitian. |