Seiring dengan perkembangan jaman, perusahaan dituntut agar tidak hanya berorientasi pada maksimisasi profit, melainkan juga bertanggung jawab atas dampak aktivitas bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris bahwa tingkat profitabilitas, tingkat kepemilikan saham publik, pengungkapan media, ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, tingkat leverage, dan umur perusahan berpengaruh terhadap pengungkapan CSR perusahaan non keuangan yang terdatar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2012. Metode penelitian yang digunakan dalam pengelelolaan data adalah metode analisis linear berganda, dimana dilakukan juga uji asumsi klasik dan analisis deskripstif terlebih dahulu. Data diolah dengan bantuan program SPSS versi 16.0, dengan total unit observasi penelitian sebanyak 56 perusahaan dan sampel penelitian sebanyak 37 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran dewan komisaris dan tingkat leverage berpengaruh secara negatif terhadap pengungkapan CSR perusahaan. Sedangkan, tingkat profitabilitas, tingkat kepemilikan saham publik, pengungkapan media, ukuran perusahaan, dan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR perusahaan. |