Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:41 WIB
Detail
BukuAnalisis Pengaruh Faktor Evaluasi Pembelajaran Terhadap Performansi Mahasiswa
Bibliografi
Author: MANDELA, NARITA ; Triyanti, Vivi (Advisor)
Topik: Evaluasi pembelajaran; Stress; Kelelahan mental; Performansi; Desain Eksperimen; Regresi Linier
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2016    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2012043031-Narita M.pdf (2.75MB; 39 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FTI-1214
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Evaluasi Pembelajaran dilakukan oleh hampir seluruh institusi pendidikan untuk mengetahui keberhasilan suatu proses pembelajaran. Evaluasi pembelajaran membutuhkan pertimbangan akan faktor-faktor evaluasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Faktor evaluasi pembelajaran yang berbeda diduga merupakan pemicu terjadinya kelelahan mental dan stress pada mahasiswa yang dapat berdampak pada performansi akademis mahasiswa. Performansi akademis mahasiswa berbanding lurus dengan prestasi belajar mahasiswa tersebut. Maka, perlu diadakannya suatu penelitian untuk mempertimbangkan kombinasi faktor-faktor evaluasi pembelajaran agar dapat memaksimalkan performansi mahasiswa ditinjau dari tingkat kelelahan mental dan stress pada mahasiswa tersebut. Penelitian ini mempertimbangkan 2 faktor evaluasi pembelajaran sebagai faktor utama yang diduga berpengaruh yaitu faktor jenis soal dan lama ujian. Analisis data dilakukan melalui pendekatan desain eksperimen dan regresi linier. Hasil analisis desain eksperimen menyatakan bahwa faktor jenis soal dan lama ujian masing-masing memberikan pengaruh terhadap kelelahan mental dan stress pada a = 0.05, namun tidak memberikan pengaruh terhadap performansi mahasiswa. Oleh karena itu, pengolahan dengan regresi linier dilakukan hanya pada data stress yang memiliki hubungan dengan performansi mahasiswa. Persamaan regresi tersebut digunakan untuk memprediksi besar performansi mahasiswa berdasarkan tingkat stress yang dialaminya sehingga didapatkan kombinasi faktor-faktor evaluasi pembelajaran yang dapat menghasilkan performansi paling baik. Setelah mempertimbangkan semua analisis yang ada, dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor evaluasi berpengaruh tidak secara langsung kepada performansi, namun berpengaruh secara langsung kepada timbulnya kelelahan mental dan stress pada mahasiswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)