Dewasa ini, persaingan dalam bisnis bukan hanya mengutamakan kualitas produk saja, namun para perusahaan bersaing melalui kekuatan komunikasi mereka melalui brand. Persaingan antar brand pun tak dapat dihindari dan membuat konsumen harus memilih brand mana yang cocok dengan mereka, bukan hanya dari segi kualitas produk, namun melalui ikatan terhadap suatu brand. Hal pertama yang terlihat dari sebuah brand adalah identitasnya, atau biasa disebut sebagai brand identity. Secara garis besar, penelitian ini membahas brand identity Gojek sebagai perusahaan jasa dan seberapa besar pengaruhnya terhadap loyalitas konsumennya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi pemasaran, khususnya tentang brand dan loyalitas konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penulis menggunakan tabel distribusi frekuensi, serta analisis korelasi dan analisis regresi sebagai teknik mengolah datanya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup kuat dari brand identity Gojek terhadap loyalitas konsumen yang dimilikinya. |