Persaingan antarbisnis pada abad milenium ini semakin intens. Hal ini tidak lain merupakan efek dari menyatunya sistem perdagangan, politik, ekonomi dan sosial seluruh dunia. Di satu sisi, interdependensi dan interkoneksi antarnegara juga semakin tinggi. Interdependensi dan interkoneksi antarnegara memunculkan spektrum-spektrum bisnis baru di berbagai belahan dunia dan inovasi muncul dari lokasi-lokasi negara yang berbeda. Kemunculan inovasi dalam dunia telah mendorong meningkatnya dinamika bisnis di dunia. Setiap bisnis di dunia bersaing untuk menawarkan proposisi nilai yang sesuai dan inovatif kepada setiap konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami proposisi nilai di salah satu perusahaan dengan brand global yang bergerak di industri ritel restoran, yaitu Lotteria. Dalam mendalami variabel proposisi nilai, penelitian ini membahas hal seputar gambaran proposisi nilai Lotteria, kecocokan antara proposisi nilai yang diprioritas konsumen dengan yang ditawarkan Lotteria, TOWS dari Lotteria, serta inovasi Lotteria disbanding restoran lain dan kemungkinan inovasi di masa mendatang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran, antara kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif ditujukan untuk mengukur realitas proposisi nilai Lotteria di mata konsumen dan metode kualitatif lebih ditujukan untuk mengeskplorasi kemungkinan inovasi nilai Lotteria. Seirama dengan metode penelitian, jenis penelitian ini bersifat deskriptif, karena menggambarkan realitas tertentu dan bersifat eksploratif, karena mencoba menjajagi kemungkinan/ pola/ gagasan baru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proposisi nilai Lotteria yang cukup jauh dari ekspektasi adalah pada elemen kinerja dan sifat baru baik produk dan layanan yang ditawarkan Lotteria. Inovasi nilai yang dianjurkan berpatokan pada kinerja dan sifat baru produk dan layanan Lotteria. Dalam penelitian ini, setidakya ada sembilan inovasi nilai yang ditujukan untuk mentransformasi utilitas utama dari dimensi kinerja dan sifat baru. |