Anda belum login :: 22 Nov 2024 18:57 WIB
Detail
BukuHubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Penghargaan Diri Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Katolik Sang Timur, Kebon Jeruk, Jakarta
Bibliografi
Author: Sudarnoto, Laura Francisca Neneng (Advisor); Prayuani, Theresya Dwi
Topik: Kecerdasan Emosional; Penghargaan Diri Penghargaan Diri Adalah Pemahaman Individu Terhadap Kelebihan Dan Kekurangan Individu; Menyukai Diri Sendiri Dengan Segala Kekurangan Dan Kelebihan; Kecerdasan Emosional; Penghargaan Diri
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2015    
Penyerta: Dapat dilihat selain di website Atma Jaya
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2011034022-Theresya D.pdf (1.12MB; 41 download)
[Informasi yang berkaitan dengan koleksi ini di internet]
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-540
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Penghargaan diri adalah pemahaman individu terhadap kelebihan dan kekurangan individu, menyukai diri sendiri dengan segala kekurangan dan kelebihan. Individu yang menghargai dirinya memiliki Self efficacy (Keyakinan diri) yaitu individu merasakan kenyamanan dalam berpikir sehingga mampu menilai, memilih dan memutuskan, memiliki kepercayaan diri memahami realita (kenyataan), dan pada akhirnya memiliki kemandirian pola pikir. Self respect (penghormatan diri) dimana individu memiliki sikap afirmatif (penguatan) yang menguatkan individu bahwa individu berhak untuk hidup dan bahagia, dan dengan nyaman pula menyampaikan pikiran, keinginan, dan kebutuhan serta memiliki perasaan sukacita.Kecerdasan emosional merupakan kemampuan mengenali perasaan individu dan pemahaman terhadap perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri, dan kemampuan mengelola emosi dengan pada diri sendiri dan hubungan dengan orang lain. Individu yang cerdas secara emosional memiliki kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan penghargaan diri siswa kelas XI SMA Katolik Sang Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Instrumen untuk pengumpulan data menggunakan skala penilaian. Analisis data penelitian ini menggunakan rumus Product Moment dengan bantuan program statistik SPSS versi 22.0. Hasil ujicoba instrumen kecerdasan emosional diperoleh 28 pernyataan yang valid dan 32 yang tidak valid. Koefisien realibilitas sebesar 0,917. Instrumen penghargaan diri pada awal memiliki 66 pernyataan, pernyataan yang valid sebanyak 41 pernyataan dan 25 pernyataan yang tidak valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,946. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara variabel kecerdasan emosional dan penghargaan diri karena koefisien korelasi 0.576 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,005. Berdasarkan data statistik diketahui bahwa penghargaan diri siswa kelas XI SMAK Sang Timur berada pada tingkat klasifikasi yang tinggi, demikan pula dengan kecerdasan emosional berada pada tingkat klasifikasi yang sama. Saran kepada Kepala Sekolah agar mengetahui kondisi kecerdasan emosional dan penghargaan diri siswa/i-nya. Pemahaman tersebut dapat bermanfaat untuk aktivitas agar dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa dan mampu memiliki penghargaan diri yang positif. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah memberikan workshop/penyuluhan tentang mengenali emosi diri, dan mengenali emosi dapat juga kegiatan dengan permainan-permainan tentang pengenalan akan emosi, kelemahan dan kelebihan individu, yang dapat menggambarkan mengenai kondisi kecerdasan emosional dan penghargaan diri siswa kelas XI SMA Katolik Sang Timur. Saran untuk guru BK agar memberikan bantuan kepada peserta didik berupa kegiatan penanaman karakter berupa materi-materi mengenai penghargaan diri yang sehat dan kecerdasan emosi yang sehat, sehingga peserta didik memiliki karakter penghargaan diri dan kecerdasan emosional yang baik yang dapat membantu kehidupan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)