Anda belum login :: 22 Nov 2024 19:31 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Gambaran Regulasi Diri Siswa Kelas 11 SMA CHARITAS, Jakarta Selatan
Bibliografi
Author:
Mamahit, Henny Christine
(Advisor);
Sibarani, Adelin Carolina Lamtiur
Topik:
Regulasi Diri
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2015
Penyerta:
Dapat dilihat selain di website Atma Jaya
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
FPBBK-530-2010034036-Adelin.pdf
(1.82MB;
73 download
)
[
Informasi yang berkaitan dengan koleksi ini di internet
]
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIPK-530
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Kepercayaan diri adalah sikap individu dalam menilai dirinya dan lingkungan sekitarnya untuk menghadapi situasi yang sedang dihadapinya seperti mempercayai kemampuan dirinya, tidak terdorong untuk menunjukkan sikap konformis, berani menjadi diri sendiri, memilik pengendalian diri yang baik, memiliki internal focus of control, berfikir positif, dan memiliki harapan yang realistik. Motif berprestasi adalah dorongan yang ada dalam diri individu untuk berusaha mencapai suatu tujuan sehingga individu lebih menyukai tugas dengan kesulitan sedang atau menengah, suka menerima umpan balik, tekun terhadap tugas yang berkaitan dengan kemajuannya, berorientasi ke depan serta memiliki tanggung jawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan motif berprestasi pada mahasiswa Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya angkatan 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Metode pengumpulan data menggunakan skala penilaian yang digunakan untuk mengukur variabel kepercayaan diri dan variable motif berprestasi. Instrumen kepercayaan diri terdiri dari 70 pernyataan dan telah diujicobakan, dan menghasilkan 34 pernyataan yang dinyatakan valid dengan reliabilitas instrumen sebesar 0,932. Instrumen motif berprestasi terdiri dari 80 pernyataan dan telah diujicobakan, dan menghasilkan 46 pernyataan yang dinyatakan valid dengan reliabilitas instrumen sebesar 0,949. Hasil penelitian menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0,726 dengan taraf probabilitas kesalahan hasil analisis dalam (p-value) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikansi yang ditentukan peneliti yaitu sebesar 0,05. Hal tersebut menunjukan adanya korelasi signifikan dan positif antara kepercayaan diri dan motif berprestasi pada mahasiswa Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya angkatan 2012. Berdasarkan hasil perhitungaan tersebut maka dapat dinyatakan bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan diri mahasiswa, maka akan semakin tinggi tingkat motif berprestasi mahasiswa. Sebaliknya semakin rendah tingkat kepercayaan diri mahasiswa, maka akan semakin rendah tingkat motif berprestasi mahasiswa. Selain itu terdapat koefisien determinasi sebesar 52,71% melalui perhitungan r² x 100% = 0,726² x 100% = 52,71%. Hal ini dapat diartikan bahwa kepercayaan diri memberikan sumbangan kepada motif berprestasi sebesar 52,71% dan sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Saran peneliti yang pertama ditujukan kepada masing-masing Ketua Program Studi Fakultas Pendidikan dan Bahasa (FPB) Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya diharapkan dapat membuat sebuah kegiatan yang mengarah pada “student learning center” dan penguasaan keterampilan (mata kuliah praktikum) yang lebih banyak guna meningkatkan kemandirian dan kemampuan berpikir realistis mahasiswa. Hal ini bertujuan agar mahasiswa dapat lebih percaya diri dalam menghadapi dunia kerja setelah kuliah, mandiri serta dapat memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Saran peneliti yang kedua ditujukan kepada Pembimbing Akademik (PA) mahasiswa tiap Program Studi Fakultas Pendidikan dan Bahasa (FPB) Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya diharapkan dapat memberikan dukungan serta rencana penanganan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan motif berprestasi mahasiswa khususnya bagi mahasiswa yang sering mengalami masalah dalam hal kemandirian dan berpikir realistis. Hal ini diharapkan dapat membuat mahasiswa menjadi lebih percaya diri dan termotif untuk mencapai prestasi belajar yang lebih baik karena adanya dukungan dari para Pembimbing Akademik, contohnya melakukan kegiatan konseling pribadi maupun konseling kelompok. Saran peneliti yang ketiga ditujukan kepada setiap mahasiswa tiap program studi Fakultas Pendidikan dan
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.1875 second(s)