Anda belum login :: 22 Nov 2024 19:24 WIB
Detail
BukuFaktor-Faktor Penyebab Rendahnya Penyesuaian Sosial Pada Anak usia TK (Studi Kasus Dua Anak TK Aletheia Kids Jakarta)
Bibliografi
Author: Linda ; Mamahit, Henny Christine (Advisor)
Topik: Penyesuaian Sosial; Faktor FAktor Penyesuaian sosial; Anak TK
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2015    
Penyerta: Dapat dilihat selain di website Atma Jaya
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2010034027-Linda.pdf (3.36MB; 26 download)
[Informasi yang berkaitan dengan koleksi ini di internet]
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-527
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Penyesuaian sosial adalah keberhasilan individu dalam menyesuaikan diri terhadap orang lain pada umumnya, baik terhadap orang yang sudah dikenal maupun orang yang belum dikenal. Penyesuaian sosial penting karena anak harus memasuki ling kungan baru, dari lingkungan rumah ke lingkungan sekolah. Anak dituntut untuk dapat mandiri dan dapat bersosialisasi dengan baik terhadap orang-orang di sekitarnya. Apabila anak tidak dapat melakukan penyesuaian sosial dengan baik maka anak menjadi terhambat perkembangannya. Penyesuaian sosial dipengaruhi beberapa faktor. Faktor-faktor penyebab rendahnya penyesuaian sosial adalah faktor-faktor yang membuat individu sulit dalam melakukan interaksi dengan lingkungan sekitar. Faktor-faktor tersebut dijabarkan dalam hal fisik, perkembangan dan kematangan, psikologis, lingkungan, dan budaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai faktor factor yang menjadi penyebab rendahnya penyesuaian social anak usia TK. Penelitian dilakukan di TK Aletheia Kids, Jakarta. Jumlah subjek penelitian adalah dua orang, terdiri dari satu anak laki-laki yang berinisial AM dan satu anak perempuan yang berinisial GV, yang belum dapat menunjukkan penyesuaian sosial dengan baik. Analisis yang dilakukan melalui wawancara dan observasi menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi subjek AM dan GV belum dapat menunjukkan penyesuaian sosial yang baik adalah faktor psikologis dan factor lingkungan yaitu takut bila didekati oleh orang sekitarnya, tidak pernah bersosialisasi dengan orang di sekitarnya. Berdasarkan hasil analisis terhadap kedua subjek yang masih rendah dalam penyesuaian sosial khususnya di lingkungan sekolah, perlu dibantu oeh guru dan orang tua sehingga anak dapat menunjukkan perilaku social dengan baik di sekolah. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada orang tua dan guru bekerja sama untuk membantu anak agar dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Orang tua dapat membantu anak dalam mengajak anak bermain dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar rumah, sedangkan guru membantu anak bersosialisasi di sekolah dengan membuat permainan dalam bentuk kebersamaan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)