Anda belum login :: 22 Nov 2024 19:36 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas Viii Smp Strada Budi Luhur Bekasi
Bibliografi
Author:
LISTYADI, VERGILIUS DAMAR
;
Trihastuti, Maria Claudia Wahyu
(Advisor)
Topik:
Motivasi Berprestasi dan Kepercayaan Diri
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2015
Penyerta:
Dapat dilihat selain di website Atma Jaya
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
2010034020-V Damar.pdf
(693.29KB;
43 download
)
[
Informasi yang berkaitan dengan koleksi ini di internet
]
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIPK-526
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Motivasi berprestasi adalah suatu dorongan yang timbul dalam diri individu untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan dengan cara berpikir inovatif untuk mendapatkan suatu timbal balik yang positif, sehingga konsekuensi-konsekuensi yang akan terjadi dapat dipertangung jawabkan dengan baik. Kepercayaan diri adalah suatu keyakinan akan sikap optimis terhadap kemampuan yang ada pada dirinya sendiri, dengan memandang sesuatu hal secara objektif serta dapat bertanggung jawab dan berpikir rasional terhadap segala sesuatu yang menjadi konsekuensi atas apa yang akan di perbuat. Tujuan penelitian yang dilakukan pada siswa kelasVIII di SMP Strada Budi Luhur adalah untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan motivasi berprestasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kolerasional.pengumpulan data penelitian menggunakan skala penilaian untuk mengukur tingkat kepercayaan diri dan motivasi berprestasi siswa. Ujicoba instrumen dilakukan terhadap 73 siswa di kelas VIII E dan VIII F SMP Strada Budi Luhur. Hasil ujicoba terdapat 9 pernyataan yang tidak valid dan 31 pernyataan valid dari variabel motivasi berprestasi sehingga memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,907. Pada variabel kepercayaan diri terdapat 9 pernyataan yang tidak valid dan 41 pernyataan valid, sehingga memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,887. Hasil analisi data penelitian menunjukkan bawa ada hubungan yang positif dan signifikan antara variabel kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas VIII SMP Strada Budi Luhur. Hal itu berarti semakin tinggi kepercayaan diri siswa maka akan semakin tinggi juga motivasi berprestasinya. Sebaliknya jika kepercayaan diri siswa merendah maka akan rendah juga motivasi berprestasinya. Berdasarkan klasifikasi tingkat motivasi berprestasi siswa maka di dapatkan data bahwa ada 44 siswa yang memperoleh kategori tinggi (dengan persentase sebesar 58,7%), Komponen yang sangat tinggi dari variabel motivas berprestasi adalah komponen menerima konsekuensi. Sedangkan pada variabel kepercayaan diri siswa maka di dapatkan data bahwa ada 54 siswa yang memperoleh kategori tinggi (dengan persentase sebesar 72%). Komponen yang sangat tinggi dari variable kepercayaan diri adalah komponen bertanggung jawab dan berpikir objektif. Saran Guru Bimbingan dan Konseling Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diharapkan agar guru BK mengetahui bagaimana kepercayaan diri dan motivasi berprestasi siswanya terutama di kelas VIII sehingga dengan mengetahui maka guru BK akan dapat membuat kegiatan yang mampu membangkitkan rasa kepercayaan diri dan motivasi berprestasi dari siswa yaitu dengan mengadakan seminar, kegiatan dinamika kelompok, bimbingan kelompok, konseling kelompok maupun konseling individual yang dapat membuat siswa meningkatkan kepercayaan diri dalam dirinya sehingga memiliki tingkat motivasi berprestasi yang tinggi juga. Guru BK juga harus membuat siswa memiliki tanggung jawab yang tinggi dan dapat berpikir objektif dengan mempercayai tanggung jawab kepada para siswa di sekolah seperti tugas piket, kepanitiaan, dll agar siswa memiliki kepercayaan dan keyakinan dalam dirinya.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)