Tujuan penelitian ini adalah memberikan penjelasan mengenai penyebab perputaran karyawan di Holiday Inn Jakarta Kemayoran. Dimana Holiday Inn Jakarta Kemayoran ini bergerak di industri hotel yang mengutamakan sumber daya manusia yang dimilikinya untuk kelancaran operasionalannya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan landasan teori utama dikemukakan oleh Frederick Herzberg mengenai Two Factor Theory. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam dengan menggunakan panduan wawancara yang berisi pertanyaan open-ended question dan closed-ended question. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyebab – penyebab turnover di Holiday Inn Jakarta Kemayoran adalah policies and rules dan advancement. Frederick Herzberg mengemukakan bahwa ada 2 faktor pemicu yaitu motivators dan hygiene factor. Motivators yaitu achievement, recognition, responsibility, work itself, advancement, dan personal growth, sedangkan hygiene factor yaitu work conditions, co-woker relation, policies and rules, supervisor quality dan base wages and salary.Terdapat satu jawaban yang tidak terduga dari narasumber yaitu family matter yang tidak terdapat di dalam teori. |