Anda belum login :: 22 Nov 2024 18:14 WIB
Detail
BukuAktivitas Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Di Kelas Iva Sd Strada Bhakti Utama Jakarta Selatan
Bibliografi
Author: MALAU, ANGELINA AGUSTINA ; Stevanus, Ivan (Advisor)
Topik: Aktivitas Belajar Siswa; Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2015    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2011035052-Angelina A.pdf (3.74MB; 75 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-307
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Jenis-jenis aktivitas dalam belajar terdiri dari: 1). Visual activities, yang termasuk di dalamnya misalnya membaca, memerhatikan, gambar demonstrasi, percobaan, pekerjaan orang lain. 2). Oral activities, seperti: menyatakan, merumuskan, bertanya, memberi saran, mengeluarkan pendapat, mengadakan wawancara, diskusi, interupsi. 3). Listening activities, sebagai contoh mendengarkan: uraian percakapan, diskusi, musik, pidato. 4). Writting actvities, seperti misalnya menulis cerita, karangan, laporan, angket, menyalin. 5). Drawing activities, misalnya: menggambar, membuat grafik, peta, diagram. 6). Motor activities, yang termasuk di dalamnya antara lain: melakukan percobaan, membuat konstruksi, model mereparasi, bermain, berkebun, beternak. 7). Mental acivities, sebagai contoh menanggapi, mengingat, memecahkan soal, menganalisis, melihat hubungan, mengambil keputusan. 8). Emotional activities, seperti menaruh minat, merasa bosan, gembira, bersemangat, bergairah, berani, tenang, gugup.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat tema peduli terhadap makhluk hidup di kelas IVA SD Strada Bhakti Utama Jakarta Selatan. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA SD Strada Bhakti Utama, peneliti, dan wali kelas IVA. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumen dan tes. Tahap Sains Teknologi Masyarakat dilaksanakan selama dua pertemuan dengan tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup dan subtema Ayo Cintai Lingkungan. Pada hasil analisis data, nilai aktivitas belajar siswa berada pada kategori sedang dengan rata-rata 70,4. Nilai visual activities berada pada kategori sedang dengan rata-rata 74,2 dan berjumlah 17 siswa dari 31 siswa dan kegiatan yang menjadi perhatian dalam penelitian yaitu membaca materi dan memperhatikan demostrasi yang dilakukan oleh guru. Nilai oral activities berada pada keegori sedang dengan rata-rata 71 dan berjumlah 19 siswa dari 31 siswa dan kegiatan yang menjadi perhatian dalam penelitian yaitu bertanya, melakukan diskusi, dan mengemukakan pendapat. Nilai motor activities berada pada ketegori sedang dengan rata-rata 67,6 dan berjumlah 17 siswa dari 31 siswa dan kegiatan yang menjadi perhatian dalam penelitian yaitu melakukan percobaan. Nilai mental activities berada pada keegori sedang dengan rata-rata 66,9 dan berjumlah 22 siswa dari 31 siswa dan kegiatan yang menjadi perhatian dalam penelitian yaitu mengingat materi, memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Nilai emotional activities berada pada kategori sedang dengan rata-rata 73,7 dan berjumlah 13 siswa dari 31 siswa dan kegiatan yang menjadi perhatian dalam penelitian yaitu bersemangat belajar, tidak mudah menyerah, dan tertarik melaksanakan pembelajaran. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa aktivitas visual memperoleh rata-rata tertinggi. Pada aktivitas visual terdapat kegiatan membaca dan memperhatikan demonstrasi. Hal ini berarti siswa mempunyai ketertarikan lebih terhadap aktivitas visual. Dari hasil penelitian ini, disarankan kegiatan pembelajaran lebih mengaktifkan siswa dengan berbagai jenis aktivitas dan lebih meningkatkan pengetahuan mengenai penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)