Anda belum login :: 23 Nov 2024 22:35 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1A di SD Santo Yusup
Bibliografi
Author:
MARINA, LUNA
;
Agustian, Murniati
(Advisor)
Topik:
Penggunaan media visual
;
Kemampuan membaca
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2015
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
2011035023-Luna M.pdf
(583.1KB;
30 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIP-PGSD-304
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Media visual adalah media pembelajaran yang digunakan untuk memotivasi dan meningkatkan kemampuan membaca siswa. Kemampuan membaca adalah suatu proses yang digunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang disampaikan oleh penulis. Kemampuan membaca sangat penting dimiliki oleh siswa khususnya untuk siswa kelas 1 SD karena menjadi dasar utama untuk memperoleh keberhasilan belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran di sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemapuan membaca siswa kelas IA SD Santo Yusup. Subyek penelitian adalah siswa siswi kelas IA tahun ajaran 2014-2015 yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 7 siswi perempuan, dan satu orang guru. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama dan siklus kedua dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dengan menggunakan media visual. Tujuan penelitian ini adalah agar peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media visual sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa meningkat dengan menggunakan media visual. Hal ini terlihat adanya peningkatan dari hasil tes awal, siklus 1, dan siklus 2. Melalui penggunaan media visual siswa dapat lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih kreatif dalam menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa . Penggunaan media visual dapat menarik minat belajar siswa menjadi lebih antusias, tertarik, senang, menarik, bersemangat dan termotivasi. Oleh karena itu disarankan peran guru dalam pembelajaran agar menggunakan media visual sebagai sarana pembelajaran.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)