Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:02 WIB
Detail
BukuPenerapan model pembelajaran Kooperatif STAD (Student Team Achievment Division) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA di kelas IVB SD Strada Kampung Sawah Bekasi
Bibliografi
Author: PATRIANI ; Stevanus, Ivan (Advisor)
Topik: Penyampaian Tujuan dan Motivasi; Pembagian kelompok; Presentasi dari guru; kerja tim; kuis; penghargaan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2015    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2011035025-Patriani.pdf (5.84MB; 14 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-296
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Kooperatif STAD adalah salah satu model pembelajaran yang terdapat
dalam Kooperatif yang terdiri dari 5 komponen utama yaitu Penyampaian Tujuan
dan Motivasi, Pembagian kelompok, Presentasi dari guru, kerja tim, kuis,
penghargaan dimana dalam model pembelajaran kooperatif STAD
menggabungkan siswa yang berbeda tingkat kemampuan, suku, ras, agama
menjadi satu kelompok, dimana setiap siswa harus ikut aktif dalam kegiatan
pembelajaran yang dilaksanakan secara berkelompok sehingga mereka mampu
memahami materi pembelajaran yang diajarkan dengan saling membantu antar
sesama anggota kelompok.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan II setiap siklus
dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Siklus pertama dilaksanakan pada
tanggal 7 Februari 2015 dan siklus kedua pada tanggal 26 Maret 2015. Setiap
siklus dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif STAD.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Strada Kampung Sawah Bekasi dengan jumlah
siswa 44 orang yang didampingi guru kelas IVB selaku observer dan teman
sejawat yang berperan sebagai dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IVB SD
Strada Kampung Sawah Bekasi. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata nilai
tes siklus I sebesar 74 sedangkan nilai tes siklus kedua sebesar 80. Berdasarkan
perbandingan rata-rata tes siklus I dan II terdapat peningkatan hasil belajar dengan
menggunakan metode Kooperatif STAD sebesar 6 poin. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat melaksanakan
pembelajaran yang menarik sehingga belajar dikelas lebih menyenangkan dan
dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif STAD diharapkan dapat
membuat pembelajaran dikelas lebih bervariasi dan menyenangkan bagi siswa
sehingga dapat meningkatkan hasil belajar masing-masing siswa dan kelak
penelitian ini di harapkan dapat dijadikan sebagai referensi dalam mempelajari
model pembelajaran Kooperatif STAD, pada mata pelajaran lain di tingkat SD
sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)