Kooperatif STAD adalah salah satu model pembelajaran yang terdapat dalam Kooperatif yang terdiri dari 5 komponen utama yaitu Penyampaian Tujuan dan Motivasi, Pembagian kelompok, Presentasi dari guru, kerja tim, kuis, penghargaan dimana dalam model pembelajaran kooperatif STAD menggabungkan siswa yang berbeda tingkat kemampuan, suku, ras, agama menjadi satu kelompok, dimana setiap siswa harus ikut aktif dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara berkelompok sehingga mereka mampu memahami materi pembelajaran yang diajarkan dengan saling membantu antar sesama anggota kelompok. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan II setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Siklus pertama dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2015 dan siklus kedua pada tanggal 26 Maret 2015. Setiap siklus dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif STAD. Penelitian ini dilaksanakan di SD Strada Kampung Sawah Bekasi dengan jumlah siswa 44 orang yang didampingi guru kelas IVB selaku observer dan teman sejawat yang berperan sebagai dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IVB SD Strada Kampung Sawah Bekasi. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata nilai tes siklus I sebesar 74 sedangkan nilai tes siklus kedua sebesar 80. Berdasarkan perbandingan rata-rata tes siklus I dan II terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode Kooperatif STAD sebesar 6 poin. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat melaksanakan pembelajaran yang menarik sehingga belajar dikelas lebih menyenangkan dan dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif STAD diharapkan dapat membuat pembelajaran dikelas lebih bervariasi dan menyenangkan bagi siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar masing-masing siswa dan kelak penelitian ini di harapkan dapat dijadikan sebagai referensi dalam mempelajari model pembelajaran Kooperatif STAD, pada mata pelajaran lain di tingkat SD sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa |